Mohon tunggu...
Selawati
Selawati Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Peran Media Massa terhadap Budaya Lokal dan Budaya Media

25 November 2018   01:45 Diperbarui: 25 November 2018   02:42 3206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Budaya dan media adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena keduanya memiliki suatu hubungan yang saling berkaitan. Budaya dan media merupakan kajian yang memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik dari kajian ini terletak pada bagaimana media tersebut mempengaruhi budaya begitu juga sebaliknya bagaimana budaya mempengaruhi media dalam memproduksi kontennya.

Banyaknya media yang dapat diakses ini memmbuat sedikit kecendrungan pada masyarakat, ada yang menjadi kecanduan namun ada juga yang tidak begitu kecanduan dengan adanya media massa. Peran media massa juga dapat merubah budaya lokal dan perilaku masyarakat agar mereka bisa mengikuti sesuai yang baru atau asing bagi diri mereka.

Hal ini terjadi biasanya dikarenakan adanya cara beradaptasi dengan budaya orang lain, ketika mereka berada di suatu tempat yang berbeda dengan budaya mereka, maka secara tidak langsung mereka akan menyatu dengan budaya tersebut. Kemudian dalam hal ini Globalisasi media berdampak terhadap perkembangan seni budaya Indonesia.

Globalisasi teknologi komunikasi hadir di tengah-tengah masyarakat dan memengaruhi cara pandang dan perilaku manusia. Globalisasi media merupakan perkembangan yang tidak dapat dipisahkan karena kehadirannya mampu melengkapi.

Perkembangan media ini semakin pesat dan canggih seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Dampak perkembangan teknologi dan media ini memengaruhi seni budaya dan perilaku masyarakat atau bangsa Indonesia.

Globalisasi budaya Barat? 

Berbicara globalisasi memang kerap hubungannya dengan media dan budaya karena kita hidup di jaman yang tidak asing dengan keduanya, globalisasi barat yang dimaksud yakni Globalisasi model yang diprivatisasi dan berorientasi pada iklan dari Barat televisi komersial telah membawa budaya konsumen ke ruang keluarga Dunia. 

Sebagai media visual, televisi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas daripada media cetak, seperti bahkan pada awal abad kedua puluh satu, jutaan orang masih tidak bisa membaca atau menulis. Penyebarluasan gambar internasional. Contoh dari globalisasi budaya barat adalah seperti:

MTV Music Television

Ketika jaringan ini lahir, selamanya mengubah musik dan televisi Amerika. Sekarang itu jaringan terbesar di dunia. Music Televisi (MTV) telah muncul sebagai simbol globalisasi Barat yang paling terlihat musik populer dan budaya anak muda.

Asia adalah pasar terbesar untuk jaringan MTV, dengan lebih dari 107 juta rumah tangga di 20 negara menonton programnya secara teratur. Operasi Asia adalah dikelola oleh jaringan MTV dari kantor pusat regionalnya di Singapura dan dimiliki bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun