Bisnis

Izin BPOM Gizidat Release, Bukti Produk Rumahan Mampu Menjadi Produk Nasional

16 Mei 2019   08:52 Diperbarui: 16 Mei 2019   09:23 49 0 0
Izin BPOM Gizidat Release, Bukti Produk Rumahan Mampu Menjadi Produk Nasional
Produksi Gizidat  Dari Rumahan Ke Moderen

Izin BPOM Gizidat Release, Bukti produk rumahan mampu menjadi produk Nasional, Review Perjalanan Gizidat.

BPOM gizidat sebuah cerita ketekunan usahawan  UMKM cilacap. Saya awali dengan sedikit hal tentang produk rumahan adalah cikal bakal menjadi produk yang menasional. Ada banyak cerita tentang ini, bahkan dalam bisnis teknologi banyak juga yang diawali dari bisnis rumahan. Apple brand kenamaan yang membuat gadget dengan harga paling mahal, ternyata juga dibuat awalnya digarasi rumah oleh seorang creator legendaris yang bernama Steve Job. 

Jadi bukan suatu hal yang tidak mungkin produk rumahan seperti Madu Gizidat akan menjadi produk legendaris juga, sehingga perlulah Review Gizidat sebagai produk UKM perlu sedikit saya tulis.

Dalam produk makanan minuman juga hamper mirip, contoh lain Starbucks tempat nongkrong minum kopi yang mendunia. Ada juga dari Indonesia Warung Steak yang frenchasenya kini hampir diseluruh Indonesia.

Kali ini saya ingin mengupas produk rumahan lain yang hampir dalam rentang waktu 3 tahun mampu bermetamorfosis menjadi produk nasional atau tepatnya beranjak menasional. Ya kali ini yang ingin saya ceritakan adalah Madu Gizidat, alias Madu ikan sidat. Saya ingin menulis ini karena kebetulan para pemiliknya adalah teman saya sendiri. Sosok anak anak muda yang gigih. Tidak begitu luar biasa tapi mereka tekun dan ulet mengawal produk rumahan ini menjadi produk nasional.

Madu Gizidat Pioneer Madu Ikan Sidat Yang Iconic

Awalnya produk ini dibuat terinspirasi dari salah satu komoditas local yang iconic yaitu Ikan Sidat, ikan yang berbentuk panjang seperti belut. Ikan Sidat ini adalah hewan yang unik, Ikan sidat tidak bisa dibiakan oleh manusia, tapi bisa dibesarkan oleh banyak petani. Cilacap lah tempatnya, satu daerah pojok selatan jawa yang meiliki icon nusakambangan dan segara anakan. 

Cilacap ternyata adalah sumber bibit ikan sidat. Dari cilacap ikan sidat baik yang sudah dewasa ataupun yang masih kecil dikirim kebanyak daerah di indoneisa untuk dibesarkan. Bila sudah besar hampir 95% diekspor kemanca negara khususnya jepang, China dan korea yang sangat menyukai daging hewan ini. Hanya sekitar 5% ikan sidat di nikmati oleh masyarakat Indonesia.

Sidat atau Unagi atau juga disebut ginseng air adalah jenis ikan yang sangat kaya kandungan nutrisi. Itu mengapa tidak heran bila mancanegara sangat menyukai ikan ini. Konon Proteinnya 3 kali lebih tinggi dari salmon dan kandungan vitamin B nya 20 X lebih tinggi dari susu sapi, Luar biasa bukan!

Dari pengetahuan inilah teman saya itu bertekad untuk mengenalkan ikan sidat ke dalam negeri. Karena sebagai wiraswasta UKM yang cukup nasionalis dia berharap apa yang terbaik dari alam Indonesia, bias dinikmati oleh bangsa sendiri.

Madu Ikan Sidat Gizidat Karya Sederhana Yang Kaya Manfaat

Nama Gizidat adalah nama yang terbesit dalam benak pikiran teman saya ini. Nama yang janggal tentunya, dengan vokalisasi yang cukup sulit diucapkan. Tapi apalah arti sebuah nama. Ketika produk itu menasional, nama apa saja menjadi enak didengar. Gizidat memiliki arti yang sederhana yakni GIZI IKAN SIDAT kemudian dipendekan menjadi Gizidat. Sederhana bukan? Disitulah kesederhanaan membawa keberuntungan.

Dengan mengkombinasikan ekstraksi sederhana ikan sidat, teman saya ini mencampur hasil ektraksi ikan sidat dengan madu hutan, yang dia dapat dari luar pulau jawa. Ide sederhana ini ternyata mendapatkan sambutan yang baik dari para tetangganya. Awalnya dia bagikan gratis untuk tetangganya. Kemudian para tetanga mulai membeli dengan sukarela. Kebanyakan dari mereka merasa dengan madu ikan sidat anak mereka lebih lahap makan dan gak gampang sakit. Seperti biasa didesa khabar mudah tersiar, sejak saat itulah teman saya itu memproduksi Madu Gizidat secara rutin. Awalnya sekedar botol dengan label seadanya. Selanjutnya berlahan mulai dioerbaiki kemasannya.

Seiring berjalannya waktu Gizidat kemudian di redesign ulang, kemudian juga di daftarkan dengan izin PIRT ke Dinas kesehatan setempat sebagai, produk pangan rumah tangga.

Rupanya keberuntungan terus menyertai Gizidat, produk ini semakin diminati oleh masyarakat luas. Ditambah lagi setelah pemasarannya berkerjasama dengan usahawan Muda dari Jogja yang sangat paham dengan dunia Internet Marketing, jadilah produk Madu Gizidat semakin diminati masyarakat Indonesia. Dan mampu hingga keluar jawa bahkan ke mancanegara. Memang volume penjualnnya untuk manca negara masih sedikit , namun ini bagi dia adalah pertanda baik.

Madu Gizidat Diterima Masyarakat Luas
Madu Gizidat Diterima Masyarakat Luas

BPOM Gizidat Sebuah pertanyaan 

Banyak dimasyarakat yang belum memahami apa itu izin PIRT dan apa itu izin BPOM dalam sebuah produk. Kebanyakan masyarakat menganggap izin PIRT bukanlah izin resmi sedangkan yang resmi adalah BPOM.

Tidak sepenuhnya salah juga. PIRT memiliki kepanjangan Pangan industry Rumah tangga, dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat. Memang dari ruang lingkupnya masih produksi rumah tangga. Sedangkan BPOM dikeluarkan secara nasional oleh BPOM pusat yang ada di Jakarta. Sehingga wajar banyak sekali pertanyaan tentang mana BPOM Gizidat? Sudahkah Gizidat berizin BPOM ? Berapakah Nomer BPOM Gizidat ? dan seterusnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3