Mohon tunggu...
Adi
Adi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Indonesia

Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Berbagi di Pelosok Negeri

11 Agustus 2022   05:53 Diperbarui: 11 Agustus 2022   05:56 146 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berbagi di Pelosok Negeri (dok. pribadi)

Ada cerita menarik saat saya dan sahabat saya melakukan wisata edukasi di daerah Purbalingga, Jawa Tengah. Selain kegiatan edukasi, kami juga diajak berbagi dengan warga sekitar yang membutuhkan. Berikut ceritanya...

Belajar ke Purbalingga

Saya dan sahabat saya merupakan pembelajar. Kami membangun usaha dengan terus pula meningkatkan kemampuan kapasitas diri. Berbagai daerah kami jelajahi dengan maksud membangun kapasitas diri lebih baik.

Hal ini karena semakin besarnya perusahaan, semakin banyak pula tim yang diberdayakan. Pun juga akan semakin banyak hal yang perlu diperhatikan dengan semakin banyaknya tim dan besarnya perusahaan ini. Beragam ilmu dari teknik dan non teknis kami pelajari.

Setelah belajar ke suatu tempat, kami pulang dengan coba menerapkan ilmu yang telah diterima. Bisa jadi juga tak semuanya kami bisa terapkan langsung, karena perlu tahapan demi tahapan untuk bisa menjadikan sistem kerja yang langgeng dan berorientasi selalu lebih baik.

Nah, beberapa waktu yang lalu kami berkesempatan belajar mendalami kembali tentang mengelola bisnis online ke Purbalingga. Konon katanya dulu 80% perputaran uang di iklan facebook dari daerah karisidenan Banyumas ini.

Kami belajar sekitar 1 pekan bersama dengan sahabat dari daerah lain pula. Beragam karakter dan latas belakang sahabat dktemui disini. Beragam bisnis yang tujuannya hampir sama semuanya yakni dioptimalkan dengan online.

Perjalanan jauh dari pusat kota Purbalingga ke tempat tersebut. Sesampainya disana kami disambut hangat. Awal pertemuan yang dibahas adalah obrolan seputar kegiatan sepekan ke depan.

Kami belajar teknis dalam melakukan pengiklanan secara online. Mulai dari dasar kami belajar. Berbagai macam cara melakukan riset secara online. Membaca data dan melakukan analisis untuk dapat ditentukan jenis iklan yang cocok. Hingga sampai membaca laporan iklan ketika sudah tayang.

Kami juga belajar pengelolaan tim kerja. Bagaimana cara merekrut hingga membagi tim dalam deskripsi pekerjaan masing-masing. Juga pengembangan tim menjadi solid dan memiliki jiwa pengembangan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan