Mohon tunggu...
Selamet HARIADI
Selamet HARIADI Mohon Tunggu... Wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

"Tazkiyatun Nafs" dengan Berburu Takjil dan Berbuka di Masjid

12 Mei 2019   19:52 Diperbarui: 12 Mei 2019   20:05 0 7 4 Mohon Tunggu...
"Tazkiyatun Nafs" dengan Berburu Takjil dan Berbuka di Masjid
Tazkiyatun Nafs dengan Berburu Takjil dan Berbuka di Masjid (dok. pribadi)

Masjid adalah tempat yang hampir pasti ramai saat bulan Ramadan  ini. Banyak kegiatan yang dilakukan. Pun juga menjelang berbuka puasa. Banyak yang berjualan di sekitar masjid, namun masjid juga menyediakan menu hidangan berbuka. Saya pun dengan keluarga sempat menikmati hal ini.


Saya kemarin pulang kantor siang hari, tak seperti biasanya. Pulang siang karena ingin mencari pakaian untuk anak sekaligus mengirim barang. Kebetulan order dari salah satu marketplace lumayan banyak hari ini. Saya sekeluarga pun dengan sepeda motor menuju ke berbagai lokasi tempat jual pakaian.

Senja kian meredup. Kami pun bergegas untuk ke rumah. Adzan maghrib terdengar di tengah perjalanan kami. Padahal perjalanan masih lumayan jauh, karena bersama keluarga kami pun singgah di masjid. Ada berbagai takjil yang sudah menanti.


Di sekitar masjid juga banyak makanan dan minuman takjil. Di berbagai masjid di kota Malang memang banyak yang demikian. Masjid menjadi seolah menjadi pusat ibadah dan juga di sekitarnya ada banyak orang berjualan. Salah satu contoh yang menarik tentang ini kabarnya Masjid Jogokariyan di Jogjakarta.

Hati-hatilah gunakan hati. Demikianlah sebuah kata yang penting tentang hati. Pun juga di Ramadan ini, banyak hal yang mempengaruhi hati. Oleh karenanya perlu menjaga hati agar tetap dalam hal yang baik. Berburu Takjil pun bisa jadi bernilai ibadah.

Kelebihan berburu takjil di dekat masjid adalah kita dapat pula mendengarkan siraman rohani. Menjelang berbuka banyak masjid yang menggelar demikian. Bila kantong kita terbatas, masjid pun menyediakan hidangan takjil.

Tazkiyatun Nafs atau pembersihan hati bisa dengan cara ini. Hati dan perasaan kita perlu di-charge agar kembali ke hati dengan penyikapan yang baik. Perkara menjad hati ini pun sempat menjadi lagu favorit dulu yang dipopulerkan oleh KH. Abdullah Gymnastiar atau biasa dikenal dengan Aa Gym.

Takjil di masjid pun bisa dibilang menyenangkan. Menjadi tempat favorit untuk mendapatkan hidangan berbuka. Kurma menjadi menu yang hampir selalu ada jika takjil di masjid. Masjid juga tempat yang memiliki kelebihan karena kita bisa Tazkiyatun Nafs dengan mendengarkan siraman rohani pula menjelang berbuka.


Masjid juga menjadi tempat favorit karena kita bisa langsung sholat berjamaah selepas berbuka puasa. Serta pada sebagian masjid, sekarang sudah menerapkan makan selepas sholat maghrib berjamaah. Jadi, makan pun berjama'ah. Bertapa nikmatnya ya... Berikut sedikti reportase dengan video yang berhasil saya tangkap.