Mohon tunggu...
Selamet HARIADI
Selamet HARIADI Mohon Tunggu... Indonesia

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bolang Ngumpul Bareng BPJS Ketenagakerjaan

9 April 2019   23:49 Diperbarui: 10 April 2019   00:29 26 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bolang Ngumpul Bareng BPJS Ketenagakerjaan
Bolang Ngumpul bareng BPJS Ketenagakerjaan (dok. tyeean)

Beberapa waktu yang lalu, yakni pada Selasa 2 April 2019 Bolang (Blogger Kompasiana Malang) Ngumpul bareng BPJS Ketenagakerjaan. Acara berlangsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan mulai jam 10 pagi. Para Penulis diberikan pencerahan tentang program BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ulasannya...
Antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

Mungkin sebagian Masyarakat Indonesia masih kebingungan dan sulit membedakan antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan. Bahkan mungkin saja masih ada masyarakat memandang bahwa keduanya adalah sama.

Ibu Cahyaning Indriasari selaku Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang memberikan penjelasan perbedaannya. Melihat sejarahnya BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi dari PT Jamsostek (Persero). Tugasnya memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia, baik mereka yang bekerja secara informal maupun yang nonformal.

Sementara BPJS Kesehatan merupakan transformasi dari PT Asuransi Kesehatan (Askes) (Persero). Tugas BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan secara mendasar bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali.

Dari 2 penjelasan ini, bisa dilihat perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Jika ditarik secara singkatnya BPJS Kesehatan hanya memiliki perlindungan kesehatan. Sedang BPJS Ketenagakerjaan memiliki perlindungan Ketenagakerjaan hingga jaminan hari tua.

Bolang Ngumpul bareng BPJS Ketenagakerjaan (dok. pribadi)
Bolang Ngumpul bareng BPJS Ketenagakerjaan (dok. pribadi)
Jaminan untuk Pekerja bukan Penerima Upah

Secara umum BPJS Ketenagakerjaan memiliki program jaminan sosial bagi tenaga kerja. Namun bukan hanya tenaga kerja yang menerima upah seperti Karyawan. Pun juga untuk Pekerja yang termasuk dalam Pekerja non Penerima Upah. Hal ini seperti: Pedagang Pasar, Sopir hingga penulis.

Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi : Pemberi Kerja; Pekerja di luar hubungan kerja atau Pekerja mandiri dan Pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima Upah, contoh Tukang Ojek, Supir Angkot, Pedagang Keliling, Dokter, Pengacara/Advokat, Artis, dan lain sebagainya.

Fungsi dan tugas BPJS Ketenagakerjaan melingkupi program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP). Pekerja Bukan Penerima Upah hanya bisa memanfaatkan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

Berikut besaran iurannya:

Program BPJS Ketenagakerjaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x