Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Berburu "Flash Sale" di Marketplace untuk Keperluan Lebaran

9 Juni 2018   10:49 Diperbarui: 9 Juni 2018   10:50 725 2 0
Berburu "Flash Sale" di Marketplace untuk Keperluan Lebaran
Ilustrasi (dok.pixabay)

Lebaran sebentar lagi. belanja menjadi kebutuhan sebagian orang menjelang lebaran. Oleh karenanya, rekan saya yang berdagang berujar kalau barang apa saja akan laku menjelang lebaran. Tiap orang mempunya spot favorit tersendiri dalam berbelanja keperluan Ramadan.

Baju untuk Anak yang dibeli di Marketplace (dok.pribadi)
Baju untuk Anak yang dibeli di Marketplace (dok.pribadi)
Berbagai keperluan lebaran di Marketplace

Marketplace jadi fenomena tersendiri seiring perkembangan teknologi. Pembicaraan belanja online di Marketplace sudah menjadi pembicaraan hampir tiap hari. Bahkan saya pun mendengar rekan kerja saya di kantor membahas belanja online di marketplace. Ya, membeli menjadi kemudahan tersendiri dengan adanya Marketplace.

Marketplace di Indonesia rata-rata mengambil tema khusus untuk bulan Ramadan. Pun juga desain logo Marketplace pun diubah sedemikian rupa untuk menyemarakkan bulan puasa ini. Berbagai diskon pun ditawarkan untuk menjaring banyak pembeli. Ini sesuai riset yang dilakukan Nielsen dalam gelaran hari belanja online nasional atau harbolnas.

Diskon jadi daya tarik, menurut Survei (dok.nielsen)
Diskon jadi daya tarik, menurut Survei (dok.nielsen)
Berbagai keperluan lebaran banyak tersedia di Marketplace. Mulai dari pakaian, makanan lebaran hingga oleh-oleh khas seperti petai pun dijual di Marketplace. Bagaimana satu tempat sudah tersedia berbagai macam kebutuhan kita.

Saya pun belakangan membeli berbagai kebutuhan di marketplace. Termasuk untuk kebutuhan baju lebaran untuk keluarga. Banyak pilihan dan bisa segera membandingkan harga hingga rating pembeli lain yang sebelumnya.

Flash Sale (dok.dreamstime)
Flash Sale (dok.dreamstime)
Berburu Flash sale untuk Keperluan Lebaran

Berbagai Marketplace memunculkan strategi yang beragam untuk menarik banyak transaksi online. Salah satunya adalah dengan dilakukan flash sale. Flash sale adalah cara menjual barang dengan berbatas waktu.

Barang-barang yang dijual di flash sale kebanyakan adalah barang yang diskon, selain itu ada pula flash sale cuci gudang dengan harga yang tak wajar. Nah, banyak orang mantengin Marketplace favoritnya untuk berburu flash sale ini.

Flash sale sebenar di luar bulan Ramadan juga ada. Namun menjelang Ramadan ini beberapa Marketplace menyediakan jumlah waktu flash sale yang banyak. Jadi kesempatan mendapatkan barang flash sale lebih terbuka lebar.

Kecepatan tangan diperlukan untuk menangkap peluang bisa membeli barang di flash sale. Hal ini karena ada orang lain pula yang berebut barang yang sama untuk dibeli. Istri saya pun pernah mencoba, dari pengalamannya jika membeli barang flash sale harus segera di-deal-kan untuk dibayar agar tak dilepas ke pembeli yang lain.

Menjelang hari lebaran kian dekat seperti ini, barang-barang flash sale dijual dengan harga yang gila. Maksudnya tak sewajarnya harga normal. Perlu jaringan internet yang stabil dan kecepatan tangan untuk bisa segera mengklik barang yang diinginkan saat waktu flash sale dibuka.

Ilustrasi (dok.wamc)
Ilustrasi (dok.wamc)
Waspadai Klusula Baku yang Merugikan

Memperhatikan Klasula baku adalah penting sebelum membeli. Klausula Baku adalah setiap aturan atau ketentuan dan syarat-syarat yang telah dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam suatu dokumen dan / atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen, klausula Baku aturan sepihak yang dicantumkan dalam kuitansi, faktur / bon, perjanjian atau dokumen lainnya dalam transaksi jual beli tidak boleh merugikan konsumen.

Berbelanja baik online maupun offline perlu memperhatikan klausula baku dengan baik. Klasula Baku yang merugikan konsumen seperti "Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan". Nah, pembelian online perlu rasa aman.

Jadi bila ada barang yang rusak diterima pembeli, maka perlu ada solusi atas hal tersebut. Oleh karenanya, perlu melihat klausula baku dengan baik. Seperti cek barang hingga jenis atau warna barang yang dipesan disesuikan dengan pembeli atau stok yang ada.

Marketplace seiring berkembangnya persaiannya terus meningkatkan pelayanan. Berbagai hal yang merugikan antara pedagang dan pembeli mulai direduksi dan berangsur hilang. Marketplace menjadi pilihan baik dalam berbelanja berbagai kebutuhan lebaran. Terlebih flash sale bisa jadi pertimbangan jika ingin harga yang miring. Semangat berlebaran!

 [selamet hariadi]

Bacaan BERMANFAAT lainnya: