Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

Hal yang Dilakukan Bagi yang Tak Mudik

7 Juni 2018   22:36 Diperbarui: 7 Juni 2018   22:46 807 1 1
Hal yang Dilakukan Bagi yang Tak Mudik
Ilustrasi (dok.malesbanget)

Banyak hal yang dapat dilakukan saat mudik datang. Lalu bagaimana yang gak mudik? Pun juga banyak hal yang dapat dilakukan. Banyak alasan pula bagi yang tidak atau memang tak sepat mudik. Bisa jadi pertama karena memang tidak ada tradisi mudik atau kedua karena banyak hal yang menyebabkan tak pulang kampung untuk mudik. Berikut ulasan saya yang saya dapat pula dari obrolan Ramadan bersama teman-teman.

Menjaga Rumah/Ilustrasi (dok.pixabay)
Menjaga Rumah/Ilustrasi (dok.pixabay)
Jaga Rumah dan Silaturrahim

Menjaga rumah adalah hal yang biasa bagi mereka yang gak mudik. Bagaimana tidak, rumah adalah tempat jujugan tetangga, keluarga, sahabat hingga rekan kerja yang mengenal kita saat Lebaran. Pun juga bagi mereka yang punya jabatan, maka bisa jadi rujukan silaturrahim.

Berada dirumah tentunya selepas kita bersilaturrahim dengan orang tua atau orang yang dituakan di keluarga kita. Karena satu dan lain hal membuat gak mudik, maka tetap berada di rumah adalah pilihan baik untuk menjamu mereka yang bersilaturrahim.

Tradisi baik bersilaturrahim di momentum hari raya tentunya perlu dimanfaatkan dengan baik. Silaturrahim ke tetangga sekitar yang rumahnya terbuka dan bisa menerima kita. Sejenak menghabiskan waktu di rumah-rumah tetangga adalah pilihan baik di hari lebaran.

Silaturrahim/Ilustrasi (dok.pixabay)
Silaturrahim/Ilustrasi (dok.pixabay)
Momen silaturrahim ini memang perlu dimanfaatkan. Terutama bagi mereka yang dekat dengan rumah kita. Tetangga adalah orang yang penting bagi kita karena mereka yang kita minta tolong tiap  ada acara di rumah, atau yang sering berinteraksi dengan kita.

Terlebih momen saling silaturrahim di hari raya adalah hal biasa. Jika kita ke rumah tetangga kita pas kosong atau yang punya rumah tak ada, maka akan dicoba di waktu lain. Pun juga bilapun telah dikunjungi, tradisi saling mengunjungi adalah momen yang baik pula untuk mengakrabkan diri.

Tempat Wisata di Karangkates-Malang (dok.zulviarumaida)
Tempat Wisata di Karangkates-Malang (dok.zulviarumaida)
Jalan-jalan ke Tempat Wisata 

Tempat wisata biasanya ramah saat momen lebaran. Bagi yang gak mudik, bisa memanfaatkan tempat wisata untuk sekedar jalan-jalan dan menikmati hari libur. Tempat wisata tentunya banyak pilihan, baiknya memang yang dekat dengan rumah.

Hari lebaran menurut rekan saya yang dia tak mudik, tempat-tempat wisata ini memberikan harga diskon atau promo lebaran. Ini tentunya menjadi hal yang menarik tersendiri yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat.

Terkadang kesibukan membuat tempat wisata adalah hal asing, maka berbeda di momen lebaran. Hari silaturrahim ini juga bisa dimanfaatkan untuk sejenak ke tempat wsiata. Dengan banyak promo di tempat wisata tentu pilihan baik dengan tetap menghemat pengeluaran.

Bagi mereka yang di kota metropolitan, mall atau plaza adalah pilihan berwisata. Terutama yang suka akan belanja atau hanya sekedar bersantai di tempat ini. pun demikian, banyak pula diskon yang ditawarkan saat momen lebaran.

Film Indonesia juga bisa jadi rujukan tontonan di Bioskop bagi mereka yang tak mudik sedang berada di kota. Sepertinya momen lebaran juga ditangkap sebagai momen hadirnya film-film Indonesia di layar bioskop.

Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia. Bagi sebagian yang gak mudik, hal-hal diatas adalah pilihan yang biasanya dilakukan. Tentu ini akan berbeda tiap orang dengan lokasi yang berbeda pula. Alhasil, semangat menikmati Bulan Puasa dengan khusyuk. Pun saat datangnya Lebaran menjadi momen kebaikan bai semuanya, baik yang mudik maupun tak tak mudik.


 [selamet hariadi]

Bacaan BERMANFAAT lainnya: