Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Booster Blogging Creative People "Zaman Now"

13 Januari 2018   23:50 Diperbarui: 14 Januari 2018   01:20 900 6 6
Booster Blogging Creative People "Zaman Now"
Booster Blogging Creative People Zaman Now (dok. pribadi)

Bagaimana menjadi kreatif di zaman now? Bagaimana agar booster blogging efektif? Menghasilkan karya kreatif menjadi kebutuhan. Menurut surveri Ipsus, ada 75 % orang Indonesia memilih menjadi lebih kreatif. Dalam Blogging kita juga butuh untuk bisa menulis konten kreatif. Berikut ulasan tentang dunia kreatif hingga Booster Blogging Creative People Zaman Now...

Kreatif (dok. Rachmad Ariyo)
Kreatif (dok. Rachmad Ariyo)
Berfikir Kreatif dan Tujuannya

Berfikir Kreatif mulai menjadi trending sekarang ini atau biasa dikenal dengan zaman now. Mendalami pengertiannya kreativitas atau daya cipta merupakan proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.

Menurut Rachmad Ariyo, CS. Pd., Kons. Yang seorang pembelajar di bidang Bimbingan dan konseling, Secara sederhana kreatif memiliki 3 hal penting yakni Inventing (penciptaan), Experimenting (percobaan) Growing (perubahan atau pertumbuhan).

Tiga hal penting menurut Rachmad Ariyo ini bisa menggambarkan ringkasan memaknai Kreatif. Adanya penciptaan baru yang menjadi hal populer dibanding sebelumnya. Meski juga melalui rute Percobaan agar dapat menghasilkan seuatu yang dinilai kreatif. Serta adanya perubahan dan perumbuhan dari pengetahuan atau model yang sebelumnya.

Tujuan Berfikir Kreatif (dok. Yulia siswanti)
Tujuan Berfikir Kreatif (dok. Yulia siswanti)
Sedang merujuk pada Yulia siswanti, Kreativitas sebagai proses berfikir memiliki banyak sekali makdud dan tujuan. Tujuan berfikir kreatif tujuan berfikir kreatif adalah sebagai berikut :

  • Untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang belum ada sebelumnya.
  • Untuk mewujudkan prestasi yang gemilang, yang mungkin tidak bisa diadapatkan oleh orang lain.
  • Menciptakan ide dan gagasan.
  • Melatih seseorang untuk lebih maju dan berguna dalam hidupnya.
  • Melatih kecerdasan seseorang.
  • Menciptakan suasana humor.

Berfikir kreatif menjadi sesuatu yang sedang digandrungi masyarakat sekarang ini. Terlebih perkembangan teknologi pun menjadi factor yang mempengaruhinya. Saat batas antar manusia yang berjauhan dapat terasa dekat, saat itu pula perkembangan informasi lebih cepat pula. Hasil daya cipta orang-orang kreatif dapat mudah dirasakan tak hanya di sekilingnya saja, melainkan juga pada masyarakat di lain tempat. Inilah yang membuat banyak orang berusaha menghasilkan karya kreatif.

Ilustrasi (dok.psikologiid)
Ilustrasi (dok.psikologiid)
Creative People Zaman Now

Kebanyakan orang Indonesia memilih menjadi lebih kreatif daripada lebih pintar. Demikianlah kiranya ringkasan hasil survei the Global @dvisor Wave 29 yang dilakukan "Ipsos the home of researchers", sebuah perusahaan riset pasar.

Ada 75 % orang Indonesia memilih menjadi lebih kreatif daripada lebih pintar (25 %). Indonesia adalah negara dengan persentase tertinggi dibandingkan 24 negara lainnya yang disurvei oleh Ipsos. Hal ini membuktikan masyarakat Indonesia mulai melek pentingnya lebih kreatif.

Bekraf (dok.techinasia)
Bekraf (dok.techinasia)
Merunut survey tersebut., Usaha-usaha yang melibatkan proses kreatif pun mulai berkembangan di Indonesia. Lahirnya Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) memperlihatkan perhatikan Pemerintah pada dunia usaha kreatif sangat serius. Agenda pengembangnya dunia usaha kreatif pun semakin banyak dengan dukungan Bekraf.

16 Bidang Bekraf (dok.Rene)
16 Bidang Bekraf (dok.Rene)
Secara fungsinya, Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif. Bidang yang ditangani Bekraf sendiri ada 16 bidang yakni:

  • aplikasi dan game developer,
  • arsitektur,
  • desain interior,
  • desain komunikasi visual,
  • desain produk,
  • fashion,
  • film, animasi, dan video,
  • fotografi,
  • kriya,
  • kuliner,
  • musik,
  • penerbitan,
  • periklanan,
  • seni pertunjukan,
  • seni rupa,
  • televisi dan radio.

Creative People Zaman Now adalah mereka yang menggunakan proses berfikir kreatif. Mereka mulai banyak berkembang di Indonesia. Pengembangannya pun turut lebih massif lagi dengan dorongan Bekraf melalui berbagai kegiatan.

Bekraf Developper Day (BDD) merupakan salah satu kegiatan Bekraf yang diadakan untuk mendukung dunia usaha kreatif dewasa ini. Kegiatan ini diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Saya mengikuti kegiatan ini sewaktu di Surabaya. BDD merupakan serangkaian kegiatan berupa workshop, coaching atau seminar yang berhubungan dengan dunia usaha kreatif khususnya bidang pengembang di dunia IT.

Bekraf Developper Day Surabaya (dok. prubadi)
Bekraf Developper Day Surabaya (dok. prubadi)
Secara mendalam menurut Dr. RITA ZULBETTI, S.Si., MM Ekonomi Kreatif adalah penciptaan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (orang kreatif) dan berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi.

Sedang, Industri Kreatif adalah industri menghasilkan output dari pemanfaatan kreativitas, keahlian, dan bakat individu untuk menciptakan nilai tambah, lapangan kerja, dan peningkatan kualitas hidup. Merujuk pengertian ini adanya pemanfaatan pengetahuan yang dikolaborasikan dengan budaya serta teknologi merupakan nilai penting ekonomi kreatif. Sedang hasil karya kreatif diharap bisa memberikan nilai lebih hingga peningkatan kualitas hidup manusia.

Ekonomo dan Industri Kreatif (dok.Rita Zulbetti)
Ekonomo dan Industri Kreatif (dok.Rita Zulbetti)
Zaman yang sudah serba menggunakan teknologi ini atau Zaman Now, banyak usaha yang lebih besar daripada usaha konvensional sebelumnya. Penggunakan teknologi digital menjadi kuncinya. Penyebaran dapat lebih luas dan cepat.

Booster Blogging bareng Bolang-komunitas Blogging (dok.pribadi)
Booster Blogging bareng Bolang-komunitas Blogging (dok.pribadi)
Booster Blogging Creative People

Dunia blogging mulai banyak yang menekuninya di Zaman Now ini. Blogger tak lagi sekedar usaha sampingan namun juga banyak yang sudah menggelutinya menjadi usaha utama dalam mengais rezeki. Komunitas blogging pun berkembang pesat. Di satu kota bisalebih dari satu komunitas yang mewadahi para blogger ini.

Blogging yang semakin berkembang bila dikaitkan dengan bidang yang ditangani Bekraf bisa jadi sebagian besar masuk dalam pekerjaan Blogger. Terlebih sekarang ini seorang blogger tak hanya kreatif mengolah konten berupa tulisan, namun pula pada konten berupa video hingga media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2