Selamet HARIADI
Selamet HARIADI wiraswasta

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. \r\n\r\nReseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.\r\n \r\nSuka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.\r\n\r\nMari Bersahabat! \r\nFollow @seHARIADI di Twitter.\r\n\r\nWeblog: www.SelametHariadi.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Booster Blogging Creative People "Zaman Now"

13 Januari 2018   23:50 Diperbarui: 14 Januari 2018   01:20 454 5 5
Booster Blogging Creative People "Zaman Now"
Booster Blogging Creative People Zaman Now (dok. pribadi)

Bagaimana menjadi kreatif di zaman now? Bagaimana agar booster blogging efektif? Menghasilkan karya kreatif menjadi kebutuhan. Menurut surveri Ipsus, ada 75 % orang Indonesia memilih menjadi lebih kreatif. Dalam Blogging kita juga butuh untuk bisa menulis konten kreatif. Berikut ulasan tentang dunia kreatif hingga Booster Blogging Creative People Zaman Now...

Kreatif (dok. Rachmad Ariyo)
Kreatif (dok. Rachmad Ariyo)

Berfikir Kreatif dan Tujuannya

Berfikir Kreatif mulai menjadi trending sekarang ini atau biasa dikenal dengan zaman now. Mendalami pengertiannya kreativitas atau daya cipta merupakan proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.

Menurut Rachmad Ariyo, CS. Pd., Kons. Yang seorang pembelajar di bidang Bimbingan dan konseling, Secara sederhana kreatif memiliki 3 hal penting yakni Inventing (penciptaan), Experimenting (percobaan) Growing (perubahan atau pertumbuhan).

Tiga hal penting menurut Rachmad Ariyo ini bisa menggambarkan ringkasan memaknai Kreatif. Adanya penciptaan baru yang menjadi hal populer dibanding sebelumnya. Meski juga melalui rute Percobaan agar dapat menghasilkan seuatu yang dinilai kreatif. Serta adanya perubahan dan perumbuhan dari pengetahuan atau model yang sebelumnya.

Tujuan Berfikir Kreatif (dok. Yulia siswanti)
Tujuan Berfikir Kreatif (dok. Yulia siswanti)

Sedang merujuk pada Yulia siswanti, Kreativitas sebagai proses berfikir memiliki banyak sekali makdud dan tujuan. Tujuan berfikir kreatif tujuan berfikir kreatif adalah sebagai berikut :

  • Untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang belum ada sebelumnya.
  • Untuk mewujudkan prestasi yang gemilang, yang mungkin tidak bisa diadapatkan oleh orang lain.
  • Menciptakan ide dan gagasan.
  • Melatih seseorang untuk lebih maju dan berguna dalam hidupnya.
  • Melatih kecerdasan seseorang.
  • Menciptakan suasana humor.

Berfikir kreatif menjadi sesuatu yang sedang digandrungi masyarakat sekarang ini. Terlebih perkembangan teknologi pun menjadi factor yang mempengaruhinya. Saat batas antar manusia yang berjauhan dapat terasa dekat, saat itu pula perkembangan informasi lebih cepat pula. Hasil daya cipta orang-orang kreatif dapat mudah dirasakan tak hanya di sekilingnya saja, melainkan juga pada masyarakat di lain tempat. Inilah yang membuat banyak orang berusaha menghasilkan karya kreatif.

Ilustrasi (dok.psikologiid)
Ilustrasi (dok.psikologiid)

Creative People Zaman Now

Kebanyakan orang Indonesia memilih menjadi lebih kreatif daripada lebih pintar. Demikianlah kiranya ringkasan hasil survei the Global @dvisor Wave 29 yang dilakukan "Ipsos the home of researchers", sebuah perusahaan riset pasar.

Ada 75 % orang Indonesia memilih menjadi lebih kreatif daripada lebih pintar (25 %). Indonesia adalah negara dengan persentase tertinggi dibandingkan 24 negara lainnya yang disurvei oleh Ipsos. Hal ini membuktikan masyarakat Indonesia mulai melek pentingnya lebih kreatif.

Bekraf (dok.techinasia)
Bekraf (dok.techinasia)

Merunut survey tersebut., Usaha-usaha yang melibatkan proses kreatif pun mulai berkembangan di Indonesia. Lahirnya Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) memperlihatkan perhatikan Pemerintah pada dunia usaha kreatif sangat serius. Agenda pengembangnya dunia usaha kreatif pun semakin banyak dengan dukungan Bekraf.

16 Bidang Bekraf (dok.Rene)
16 Bidang Bekraf (dok.Rene)

Secara fungsinya, Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif. Bidang yang ditangani Bekraf sendiri ada 16 bidang yakni:

  • aplikasi dan game developer,
  • arsitektur,
  • desain interior,
  • desain komunikasi visual,
  • desain produk,
  • fashion,
  • film, animasi, dan video,
  • fotografi,
  • kriya,
  • kuliner,
  • musik,
  • penerbitan,
  • periklanan,
  • seni pertunjukan,
  • seni rupa,
  • televisi dan radio.

Creative People Zaman Now adalah mereka yang menggunakan proses berfikir kreatif. Mereka mulai banyak berkembang di Indonesia. Pengembangannya pun turut lebih massif lagi dengan dorongan Bekraf melalui berbagai kegiatan.

Bekraf Developper Day (BDD) merupakan salah satu kegiatan Bekraf yang diadakan untuk mendukung dunia usaha kreatif dewasa ini. Kegiatan ini diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Saya mengikuti kegiatan ini sewaktu di Surabaya. BDD merupakan serangkaian kegiatan berupa workshop, coaching atau seminar yang berhubungan dengan dunia usaha kreatif khususnya bidang pengembang di dunia IT.

Bekraf Developper Day Surabaya (dok. prubadi)
Bekraf Developper Day Surabaya (dok. prubadi)

Secara mendalam menurut Dr. RITA ZULBETTI, S.Si., MM Ekonomi Kreatif adalah penciptaan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (orang kreatif) dan berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi.

Sedang, Industri Kreatif adalah industri menghasilkan output dari pemanfaatan kreativitas, keahlian, dan bakat individu untuk menciptakan nilai tambah, lapangan kerja, dan peningkatan kualitas hidup. Merujuk pengertian ini adanya pemanfaatan pengetahuan yang dikolaborasikan dengan budaya serta teknologi merupakan nilai penting ekonomi kreatif. Sedang hasil karya kreatif diharap bisa memberikan nilai lebih hingga peningkatan kualitas hidup manusia.

Ekonomo dan Industri Kreatif (dok.Rita Zulbetti)
Ekonomo dan Industri Kreatif (dok.Rita Zulbetti)

Zaman yang sudah serba menggunakan teknologi ini atau Zaman Now, banyak usaha yang lebih besar daripada usaha konvensional sebelumnya. Penggunakan teknologi digital menjadi kuncinya. Penyebaran dapat lebih luas dan cepat.

Booster Blogging bareng Bolang-komunitas Blogging (dok.pribadi)
Booster Blogging bareng Bolang-komunitas Blogging (dok.pribadi)

Booster Blogging Creative People

Dunia blogging mulai banyak yang menekuninya di Zaman Now ini. Blogger tak lagi sekedar usaha sampingan namun juga banyak yang sudah menggelutinya menjadi usaha utama dalam mengais rezeki. Komunitas blogging pun berkembang pesat. Di satu kota bisalebih dari satu komunitas yang mewadahi para blogger ini.

Blogging yang semakin berkembang bila dikaitkan dengan bidang yang ditangani Bekraf bisa jadi sebagian besar masuk dalam pekerjaan Blogger. Terlebih sekarang ini seorang blogger tak hanya kreatif mengolah konten berupa tulisan, namun pula pada konten berupa video hingga media sosial.

Booster Blogging menjadi kebutuhan bagi blogger untuk mempertahankan semangatnya. Tetap tampil kreatif dalam komunitas Creative People menjadi kebutuhan tetap eksis di dunia belogging. Berada dalam komunitas bisa meningkatkan mood booster blogging terjaga.

Booster Blogging bareng Bolang-komunitas Blogging (dok.M. Yunus)
Booster Blogging bareng Bolang-komunitas Blogging (dok.M. Yunus)

Komunitas Blogger menjadi cara menjaga Booster Blogging yang efektif. Di dalam komunitas kita bisa saling menyemangati dan berbagi informasi tentang dunia blogging. Seperti lomba hingga pelatihan yang berhubungan dengan dunia blog. Melihat rekan sesama blogger yang sukses akan menjadi pemacu untuk terus bisa nge-blog dengan baik.

Sedia KPA di meja (dok. pribadi)
Sedia KPA di meja (dok. pribadi)

Booster Blogging lainnya diperlukan saat kita tak bersama dengan rekan komunitas. Para rekan blogger bisa memanfaatkan Kayu Putih Aroma (KPA). Aroma KPA yang beda yang bisa bikin pikiran lebih fresh, nyaman dan menghangatkan tubuh sehingga dapat melahirkan tumbuhnya ide-ide kreatif dalam nge-blog.

KPA mengandung Minyak Ekaliptus (Eucalyptus).  Menurut sumber, minyak Ekaliptus baik untuk problem pernapasan. Minyak ini pula bisa membuat rileks otot-otot dan menyegarkan pikiran. Nah, pernapasan yang lancar bisa membuat nyaman dalam berativitas blogging.

Ekaliptus (dok.wikipedia)
Ekaliptus (dok.wikipedia)

Pikiran yang segar dengan kandungan yang ada dalam KPA membuat Booster Blogging. Blogger mengandalkan krativitasnya dalam membuat postingan blog yang menarik dan memiliki manfaat. Saat mengamali stuck atau future maka KPA bisa menjadi penopang Booster Blogging, mengembalikan pikiran fresh untuk menghasilkan karya kreatif blognya.

Lavender (dok.herbco)
Lavender (dok.herbco)

Saya memiliki KPA dengan aroma lavender. Aroma yang juga menjadi favorit banyak orang. Aroma Lavender sebagai aremateraphy KPA ternyata memiliki banyak manfaat. Penelitian yang dilakukan oleh Dr .Roberta Sellaro dan Dr. Lorenza Colzato dari Leiden University di Belanda, mengatakan bahwa aroma lavender dapat menimbulkan efek relaksasi, yang mana hal tersebut dapat membantu membangun kepercayaan di antara dua orang.

Efek relaksasi yang ditimbulkan dari aroma Lavender bisa menjadi membantu Booster Blogging lebih baik. Efek ini bisa diejawantahkan dalam tulisan blog dalam tulisan yang kreatif, asyik dibaca hingga mempunyai pengaruh positif bagi pembaca untuk bergerak lebih baik.

KPA di laci meja (dok. pribadi)
KPA di laci meja (dok. pribadi)

Menyediakan KPA merupakan salah satu tips yang bisa diterapkan Booster Blogging. Bentuknya yang mudah dibawa membuat KPA bisa jadi senjata tepat dimanapun untuk mengembalikan semangat. Ditaruh di tas juga bisa. Juga diletakkan di dekat dengan meja kerja Blogging kita juga bisa. Hadirnya KPA bisa merupakan pilihan Booster Blogging Creative People Zaman Now. [SH]


Twitter: https://twitter.com/seHARIADI

Facebook: https://www.facebook.com/selamethariadikita

Google Plus: https://plus.google.com/+SelametHariadi