Mohon tunggu...
selamat martua
selamat martua Mohon Tunggu... Marketer dan Penulis

Hobby: Menulis, membaca dan diskusi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Naik Bukan Siapa-siapa, Turun Jadi Saudara (1)

25 November 2020   06:55 Diperbarui: 25 November 2020   07:01 58 4 1 Mohon Tunggu...

Sosial Media mampu menjadi media yang efektif mengumpulkan komunitas terserak dan juga memporak porandakan yang utuh. Maaf kesalahan bukan terjadi pada platformnya, tetapi lebih kepada Peoplenya. 

Banyak kisah-kisah, bagaimana sebuah komunitas sosial media yang sebelumnya terkenal sangat solid dan utuh, bisa tercerai berai karena perbedaan cara pandang ataupun pilihan hidup. Dan hebatnya kondisi ini masih terus berlangsung secara masif.

Namun tidak demikian dengan komunitas pencinta transportasi darat. Komunitas ini sebelumnya dikenal dengan Bismania dan Mereka adalah orang-orang yang menikmati perjalanan menggunakan moda trasnportasi Bis. 

Kala itu Youtube belumlah sepopuler sekarang, sehingga aktifitas yang mereka lakukan hanya beredar di lingkungan komunitas dan komunikasi dilakukan dalam bentuk pesan dan gambar.

Saat ini Mereka adalah Komunitas besar yang tumbuh dan berkembang di seluruh Indonesia. Booming pertama terjadi ketika berhasil mempopulerkan klakson OM TOLALET OM dan yang awalnya hanya ungkapan kesenangan berubah menjadi hobby hingga profesi. 

Komunitas ini sangat solid dan dengan senang hati selalu melakukan aktifitas bersama-sama. Mereka rela berjam-jam bahkan mungkin seharian berdiri di jalanan ataupun nongkrong di terminal, hanya untuk sekedar bertemu maupun melihat Bis dan kru idola melintas/parkir disana. Dari hasil liputan pandangan mata mereka mampu menciptakan banyak kisah-kisah yang belum terungkap.

Luar biasa!!! Mereka lahir dan berkembang dengan sangat cepat, tidak peduli status sosial dan usia. Para Youtuber ini mulai dari usia remaja hingga dewasa semua bercampur baur meliput dan mencari informasi yang berhubungan dengan jenis transportasi yang Mereka sasar. 

Hingga saat ini Komunitas ini sudah merambah keseluruh moda transportasi, baik untuk Transportasi penumpang orang maupun barang ada Bis dengan beragam level layanan, Truk Engkel hingga komunitas Truk tronton. Mereka membentuk komunitas yang segmented dan tampil dengan keunikannya masing-masing. 

Komunitas ini mampu membanjiri Youtube dengan informasi selalu  unik, update dan penuh kejutan. Meskipun  Mereka meliput ditempat dan waktu yang sama dengan objek yang sama, namun mampu menceritakan kisah yang berbeda. 

Momen liputan sangat beragam, ada Youtuber yang populer dengan liputan perjalanan dari satu kota ke kota lain. Selama perjalanan Ia akan mengisahkan proses perjalanan mulai dari layanan tiket, interaksi di terminal, kedatangan Bis, atraksi driver dan kru selama perjalanan, rumah makan hingga sampai di tujuan.

Dilain kisah para Youtuber diundang oleh pemilik Bis untuk kunjungan ke Karoseri dalam rangka pengambilan armada baru yang segera dioperasikan. Para Yutuber dengan antusias mengisahkan bagaimana suasana karoseri, teknologi dan model karoseri yang paling update hingga reputasi perusahaan karoseri menjadi informasi penting bagi youtuber.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x