Mohon tunggu...
SEKTOR RAPETO
SEKTOR RAPETO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Essay PLKM 2021 Kelas 2B PGSD Universitas Pendidikan indonesia Kampus di Serang

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS SERANG 2B PGSD 2020 Sektor Rapeto PLKM 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Dalam Diri

22 Oktober 2021   11:15 Diperbarui: 22 Oktober 2021   11:30 478 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS PLKM 2021

Nama : Dhea Aliyya Falihah

Kelas : 2B PGSD

Sektor : Rapeto

Tema : Kepemimpinan dalam Diri Sendiri

Apakah kalian tau apa itu kepemimpinan ? kepemimpinan dan pemimpin tidak dapat dipisahkan, keduanya saling terikat. Kepemimpinan sendiri memiliki arti sebagai karakter sekaligus kemampuan seseorang untuk memimpin, mempengaruhi, dan mengendalikan perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan pemimpin sering disebut sebagai ketua, pelopor, pembimbing, ataupun pembina.

Setiap individu kelak pasti akan menjadi pemimpin, karena dalam setiap individu sudah pasti memiliki jiwa kepemimpinan didalam dirinya. Namun Sebagian orang juga tidak menyadari bahwa sikap kepemimpinan itu penting. Sehingga mereka tidak meningkatkan skill kepemimpinan yang ada dalam diri mereka. Maka dari itu kita harus mulai belajar memahami dan menanamkan sikap kepemimpinan pada diri.

Sebelum mengetahui bagaimana kita membangun sikap kepemimpinan dalam diri, kita harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu dan mengetahui aspek apa yang harus kita terpakan dalam diri. Pengertian kepemimpinan diri memiliki arti perluasan atau pembentukan strategi yang difokuskan pada pola pikir, perilaku, dan perasaan yang digunakan untuk mempengaruhi diri sendiri sehingga dapat berperilaku sesuai dengan kondisi ideal yang diinginkan.

Sedangkan aspek penting yang harus dimiliki dan dikuasai oleh setiap orang, yakni yang pertama, self awareness atau kesadaran diri berguna untuk menyadari nilai diri, memahami kebutuhan emosional diri, serta kekurangan dan kelebihan dalam diri. Yang kedua, self management atau manajemen diri berguna untuk memanfaatkan dan memelihara hasrat , emosi, kemampuan yang ada pada diri kita, dan kapasitas kepemimpinan yang kita miliki dalam pengambilan keputusan. Yang ketiga, other awareness berguna mengenali dan mengakui kelemahan, kekuatan, ambisi, potensi, dan kebutuhan orang lain. Dan yang terakhir, other management berguna untuk menumbuhkan motivasi orang lain, mengembangkan, serta memenuhi tujuan organisasi.

Kita harus mengetahui bahwa sikap kepemimpinan juga dapat membantu kita dalam mewujudkan suatu tujuan atau pencapaian. Dengan kita memimpin diri kita membuat otak kita mengatur, mempengaruhi, memotivasi, ataupun menginspirasi segala hal atau langkah-langkah yang akan kita lakukan kedepannya, membantu kita membagi waktu dalam melakukan suatu pekerjaan.

Langkah-langkah yang dapat kita ambil dan terapkan dalam diri untuk memiliki sikap kepemimpinan dalam diri, diantaranya sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan