Mohon tunggu...
sekarrina
sekarrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

sangat suka makanan manis dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Penting bagi Suatu Negara

30 Juli 2021   13:41 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:58 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Penting bagi Suatu Negara
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menempuh pendidikan sudah tidak asing bagi setiap orang di berbagai negara. Banyak hal yang didapat ketika seseorang menempuh pendidikan. Salah satunya dapat berkontribusi memajukan negara. Mengapa demikian? Karena pendidikan merupakan dasar fundamental bagi pembangunan ekonomi. Semakin banyak masyarakat di suatu negara terdidik maka banyak orang yang memenuhi persyaratan pekerjaan. Jika pendidikan suatu negara kurang maka tingkat pengangguran akan bertambah seiring waktu dikarenakan banyak orang-orang yang tidak memenuhi persyaratan pekerjaan. Negara-negara maju sudah membuktikan bahwa pendidikan sangat lah penting bagi suatu negara. Tidak hanya memajukan suatu negara tetapi pendidikan bisa memudahkan seseorang  menjalani hidup.

Pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga bisa mengembangkan kemampuan diri dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir. Di Indonesia sendiri pendidikan masih jauh dari kata sempurna. Hasil survei Programme For International Student Assesment (PISA) 2018 yang di terbitkan pada maret 2019 Indonesia mempunyai masalah dalam pendidikan. Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke 74 dari 79 negara. Ini membuktikan bahwa pendidikan di Indonesia masih mengkhawatirkan.

Pendidikan di Indonesia 

Apa yang menjadi masalah dalam pendidikan di Indonesia? Sistem kurikulum yang setiap tahun mengalami perubahan merupakan salah satu faktor penyebab masalah pendidikan di Indonesia. Selama ini Indonesia sudah berganti kurikulum setidaknya sebanyak 11 kali. Dari sekian banyak pergantian tak satupun yang berhasil meningkatkan pendidikan di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa kurikulum di Indonesia terlalu fokus meningkatkan bukan mengembangkan, para siswa harus memenuhi standar kurikulum yang sudah di tetapkan. Kurikulum di indonesia tidak membebaskan siswa memilih hal yang disukai, padahal setiap anak mempunyai kemampuan masing-masing dan tidak sama.

Hasil survei Programme For International Student Assesment (PISA) menunjukan bahwa anak di Indonesia memiliki tingkat kebahagian lebih tinggi daripada Korea Selatan. Sistem pendidikan di Korea Selatan termasuk salah satu terbaik di dunia, hal itu membuktikan bahwa sebenarnya pendidikan di Indonesia bisa lebih maju dari negara lain karena kunci permasalahan pendidikan di Indonesia ada pada kurikulum.

Indonesia perlu merombak total sistem pendidikan jika ingin kualitas pendidikan sejajar dengan negara-negara maju. Di tahun 2021 Menteri pendidikan Nadiem Makarim menghapuskan Ujian Nasional dan mengganti dengan Assesmen Kompetensi Minimun dan Survei Karakter. Kabar baik bagi para siswa karena selama ini materi ujian nasional terlampau padat, sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam mengejar kelulusan. Jika sistem yang diterapkan Nadiem Makarim terlaksana hasil akan kelihatan pada 2024 mendatang.

Bagaimana Kita Sebagai Generasi Muda Membantu Memajukan Sistem Pendidikan di Indonesia?

Awal mula pendidikan di Indonesia karena gerakan pemuda yang menyadarkan orang-orang pribumi terhadap nasionalisme. Tidak hanya itu, para pemuda juga berkontribusi dalam kemerdekaan Indonesia. Sejak dulu para generasi muda selalu membuat gerakan-gerakan perubahan. Sekarang mulai generasi kita yang membuat gerakan, di era modern ini memudahkan kita melakukan suatu perubahan. Apa yang bisa kita lakukan untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia?

  • Tingkatkan literas

Indonesia termasuk kedalam negara dengan tingkat literasi terendah. Membaca merupakan salah satu cara termudah mendapatkan ilmu pengetahuan, mulai dengan membaca buku yang disukai. Seperti novel atau buku cerita.

  • Berpikir terbuka

Berpikir terbuka disini berarti menerima semua pemikiran dan pengalaman. Dunia sangat luas dan banyak informasi yang kamu dapatkan. Jika kamu terbuka dalam hal baru melatih diri untuk berpikir kristis dan kreatif.

  • Menjadi pengguna internet dengan baik

Hidup di era serba teknologi dan informasi membuat kita harus bijak dalam menggunakan internet atau media sosial. Memanfaatkan media sosial dengan berkarya atau tukar pikiran positif dengan orang lain.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu memajukan sistem pendidikan di Indonesia. Jika bukan kita siapa lagi?

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN