Mohon tunggu...
Sekar  Fahmi
Sekar Fahmi Mohon Tunggu... Konsultan - Content Writer & IT Consultant

A Fun Worker

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Biaya Kuliah Universitas di Jakarta

26 Juni 2020   09:33 Diperbarui: 26 Juni 2020   09:29 19 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: iStockphoto.com/universityincity

Mayoritas orang akan memilih untuk menempuh pendidikan di universitas-universitas negeri ternama. Contohnya saja di kota Yogyakarta, yang makin tahun makin banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota. 

Selain itu, persoalan tentang biaya kuliah juga menjadi salah satu faktor yang membuat orang kemudian memutuskan untuk kuliah di daerah. Apakah betul biaya kuliah universitas di Jakarta lumayan tinggi sehingga orang-orang memilih kuliah di daerah?

Faktanya, meskipun Jakarta adalah ibukota kita, bukan berarti Jakarta menjadi suatu momok untuk kita jadikan sebagai pilihan daftar kuliah. Bagaimana pun yang namanya harga pasti relatif, ada barang-barang yang bisa kita dapatkan di Jakarta dengan murah, ada juga yang mahal. Sama hal nya juga ketika kita membuat pilihan di daerah lain. 

Yang perlu perhatian lebih dari kita adalah memikirkan bagaimana cara mempunyai dana simpanan selama masa kuliah di Jakarta dan juga mencari informasi mengenai biaya kuliah sesuai jurusan yang kita pilih. Dari situ, kita akan bisa mengukur kemampuan diri kita sendiri serta lebih teliti untuk mengatur keuangan selama masa kuliah.

Apalagi jika kita akan berangkat seorang diri menjadi anak rantau selama kuliah di Jakarta. Yang sebelumnya kita bisa meminta pertolongan orang tua, kali ini kita harus mandiri. Dengan mengetahui informasi biaya kuliah, kita menjadi dapat menghitung biaya hidup kita. Mulai dari biaya makan, biaya transportasi, biaya kost & keperluan kuliah lainnya. 

Dan juga jangan lupa untuk meminta pertimbangan kepada orang tua. Dengan estimasi biaya hidup kita selama kuliah di Jakarta yang sekian rupiah apakah masih bisa lanjut atau ada baiknya kita memilih pilihan yang lain. Untungnya banyak pendaftaran kuliah online gratis yang diselenggarakan oleh pihak universitas sehingga membantu meringankan biaya setidaknya untuk masalah administrasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan