Mohon tunggu...
Sekar Ayu  Putri
Sekar Ayu Putri Mohon Tunggu... SMKN 37 JAKARTA

17

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Marc Marquez, Sang Juara MotoGP Termuda

5 Agustus 2020   22:15 Diperbarui: 5 Agustus 2020   22:32 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Marc Marquez, Sang Juara MotoGP Termuda
Marc Marquez dan motor pertamanya | gridoto.com

Marc Marquez Alenta atau biasa disapa Marc Marquez adalah pembalap MotoGP bernomor 93. Dia lahir di Carvera, Spanyol pada tanggal 17 februari 1993. 

Dia memiliki seorang adik bernama Alex Marquez Alenta yang juga pembalap MotoGP. Dia sudah menyabet kejuaraan dunia MotoGP selama 8 kali dan menjadi rider termuda yang berhasil memenangkan kejuaraan MotoGP.

Dia menyukai dan mulai mengendarai motor pada tahun 1997. Pada saat itu ia masih berumur 4 tahun dan ayahnya membelikannya motor kecil. Dan sejak hari itu, dia terus mengikuti berbagai ajang perlombaan motor.

Karirnya dimulai pada tahun 2008, ia pertama kali debut di ajang kejuaraan 125cc bersama pabrikan KTM dan berhasil memenangkan podiumnya yang pertama di GP Inggris. 

Pada saat itu Marc masih berusia 15 tahun. Kemenangan pertamanya diraih di GP Italia dan terus berlanjut sampai pada akhirnya dia menjadi salah satu pembalap termuda yang menyabet 5 kemenangan berturut-turut di kejuaraan 125 cc. Berada di posisi ke 4 di GP terakhir Valencia membuat ia menjadi pembalap termuda kedua  yang memenangkan kejuaraan 125 cc.

Pada tahun 2011 dia menaikan levelnya menjadi kejuaraan Moto2 dan berhasil mendominasi sayangnya dia tidak menjadi juara dunia. Dan pada tahun 2012 ia tampil lebih mendominasi dan berhasil memenangkan juara dunianya yang ke 2.

Dengan kemenangan itu, Marc Marquez naik ke level MotoGP bersama team Repsol Honda dan berhasil meraih kemenangan pertamanya di MotoGP pada seri GP Qatar 2013. Pada tahun itu Marc Marquez memenangkan 6 kali perlombaan dan membuat dirinya menjadi juara dunia MotoGP sekaligus kemenangan juara dunianya yang ke 3. 

Pada tahun 2015 ia juga memenangkan kejuaraan MotoGP  dan menjadi kemenangan juara dunianya yang ke 4. Sayangnya pada tahun 2015 ia tidak dapat mempertahankan gelarnya dan kemudian dia bangkit pada tahun 2016 dan berhasil menjadi juara dunia dengan 5 kali memenangkan balapan. Sejak tahun itu sampai 2019, Marc Marquez berhasil mempertahankan gelar juara dunianya menjadi 8 juara dunia sepanjang karir balapnya.

8 gelar juara dunia MotoGP tersebut tidak diraihnya dengan mudah, ia harus berkali-kali jatuh dan mengalami cidera dari ringan bahkan harus sampai menjalani operasi. Tapi berkat tekadnya dan usahanya, dia berhasil mendapat itu semua. Marc Marquez dikenal sebagai pembalap yang agresif dan berani mengambil resiko. Dia juga dijuluki sebagai "Baby Alien".

VIDEO PILIHAN