Mohon tunggu...
Sefri Ton
Sefri Ton Mohon Tunggu... Penulis - Sang Pujangga

Suka jalan, suka nulis, suka nyanyi, suka main bola, suka hati

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Stadion 974: Jalan Menuju Final, Tim Ini Juara Piala Dunia 2022?

28 November 2022   12:10 Diperbarui: 28 November 2022   21:09 701
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stadion 974. Sumber: arquitecturaviva.com

Berbicara piala dunia 2022 Qatar kali ini, tim yang sudah dipastikan lolos ke fase enam belas besar adalah Prancis dari grup D. Prancis bisa melalui bebas karena dua pertandingan pertama melawan Australia mampu ditumbangkan dengan mudah dengan skor 4-1. Sementara pertandingan kedua sempat mendapatkan perlawanan dari Denmark, namun sang juara bertahan mampu mengatasi dengan sempurna. Skor akhir 2-1 untuk Prancis.

Sementara tim dari Negara-negara lain masih berjuang. Tim Asia seperti Arab Saudi tampil penuh motivasi di laga pertama melawan Argentina, dan berhasil mengalahkan. Arab Saudi sempat menjadi buah bibir orang Indonesia mengingat saat mengalahkan Argentina, ternyata direspon oleh sang Raja Arab, dengan mengumumkan libur nasional. Bukan cuman itu saja pemain Arab Saudi juga mendapatkan mobil mewah dari pangeran. Namun pada pertandingan kedua ternyata Arab Saudi kekurangan bekal, sehingga Polandia mampu menghabisinya dengan skor 2-0. Uforia awal bisa membuat tim lawan mempelajari kelemahan tim, dan inilah sepak bola.

Tim Asia lain seperti Jepang, pada pertandingan pertama mampu menumbangkan juara piala dunia empat kali, yaitu Jerman dengan skor 2-1. Pertandingan kedua ternyata Kosta Rika mampu bangkit dan menang atas Jepang (1-0). Pada hal Kosta Rika sebelumnya kalah telak 7-0 dari Spanyol. Hal yang sama dialami oleh Belgia dan Australia. Tim bisa kehabisan bahan bakar ataupun sebaliknya.

Berbeda hal dengan tua rumah Qatar sudah pasti tidak akan tampil di fase gugur. Harapan muncul dari tim Argentina. Tim Tango pada laga awal kalah, namun laga kedua mampu memberi harapan untuk fans dunia. Mesi dan kawan-kawan menang atas Meksiko. Peluang Meksiko untuk lolos ke fase gugur tertutup. Jika melihat dari papan klamen piala dunia, tim yang sudah dipastikan tidak akan lolos adalah Qatar, Wales, Meksiko, Jerman, kanada.

Pertandingan fase grup belum selesai. Tim unggulan seperti Brasil, Portugal, Inggris masih terus berjuang untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Pertandingan menarik akan tersaji antara Brasil versus Serbia. Brasil sudah menjadi buah bibir dan menjadi tim unggulan untuk menjadi juara piala dunia 2022 Qatar. Hal ini dikarenakan tim Samba (julukan Brasil) bertabur bintang dunia dan dominan bermain klub-klub besar di Liga Eropa. Laga ini akan sangat nantikan. Laga Berlangsung di Stadion 974 Ras Abu Aboud. Stadion ini menjadi salah satu dari delapan stadion yang dijadikan venue piala dunia 2022 Qatar. Stadion selain menyiarkan Brasil, masih menjadi tempat laga-laga menomenal lain yang penuh kejutan, hingga akhir kompetisi piala dunia.

Baca Juga: Pembukaan Piala Dunia 2022, Al Bayt Stadium Jadi Saksi Tim Favorit?

 

stadium-97418-63843e384addee11e455b252.jpg
stadium-97418-63843e384addee11e455b252.jpg

Stadion 974 Saat Malam Hari. Sumber: stadiumdb.com

Stadion 974 Ras Abu Aboud dibangun dengan penuh keunikan yang mengejutkan dunia. Stadion ini dijadikan sebagai bisnis yang bisa disesuaikan dengan situasi bisnis. Stadion ini menjadi tempat para juara yang akan berlaga di puncak piala dunia. Alasan Stadion menjadi istimewa, antara lain:

  • Arsitektur Stadion 974. Desain stadion ini dilakukan oleh perusahaan dari spanyol yaitu Fenwick Iribarren Architects. Stadion 974 dibangun sejak 1 November 2019 khusus untuk piala dunia dan diresmikan sejak 30 November 2021.
  • Stadion yang terletak di Sebelah Pelabuhan Doha, Qatar. Stadion ini memberikan siituasi keunikan tersendiri untuk berkunjung, mengingat situasi teluk Arab yang penuh hembusan angina sejuk. Kota ini juga merupakan kota bisnis, sehingga tentu sangat menarik.
  • Stadiom 974 menunjukan identitas tradisonal Qatar. Masyarakat Qatar sejak dari masa lalu suka berdagang dan juga berlayar. Hal inilah yang menjadi dasar Stadion dibangun di samping pelabuhan Doha. Aktivitas berdagang dimasa lalu diawali dari pelabuhan. Setelah itu meeraka akan berlayar menuju Negara-negara di Eropa, Asia, Afrika atau Amerika. Masyarakat menyukai filosofi dari pembangunan stadion ini.
  • Nama Stadion 974. Penamaan stadion ini juga termasuk unik, mengingat angka 974 merupakan kode untuk memanggilan Qatar dalam komunikasi Internasional. Kode panggilan Internasional Indonesia yaitu 62. Filosofi angka 974 dalam penamaan stadion menunjukan banyak Negara dan masyarakat dari belahan dunia terpanggil untuk datang ke piala dunia 2022 Qatar. Lokasi inilah dapat menjadi titik pertemuan. Kompetisi penuh sportivitas tinggi.
  • Stadion Desain Terinovatif Piala Dunia 2022. Stadion 974 merupakan bahan yang terbuat dari container bekas yang diambil dari Negara-negara yang tidak terpakai lagi. Stadion dapat dibongkar atau pasang sesuai kebutuhan. Jika lokasi ini digunakan untuk kebutuhan lain maka dapat disesuikan. Stadion 974 juga tidak Air Conditioner, namun mampu menjamin kesejukan di dalam stadion.
  • Kapasitas Stadion 974. Stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 44.089 orang. Jika kompetisi selesai dapat dibongkar menjadi 20.000 penonton.

Tribun Penonton Stadion 974. Sumber: stadiumdb.com
Tribun Penonton Stadion 974. Sumber: stadiumdb.com
  • Stadion 974 Doha menjadi sentral bisnis. Stadion ini mampu meningkatkan ekonomi sekitar pelabuhan. Hal ini dikarenakan selepas piala dunia stadion bisa di bongkar untuk kegiatan bisnis lain sesuai kebutuhan atau situasional. 
  • Jarak Stadion 974 dengan Bandara Internasional Hamad. Stadion ini selain terletak di tepi pantai, juga sangat dekat dengan bandara Internasional Hamad. Jarak dengan bandara hanya 1,5Km. Tentu sangat baik untuk perkembangan pengunjung.
  • Stadion 974 menyajikan laga Tim Unggulan dari benua, yaitu Afrika, Eropa, dan Amerika. Para juara dari ketiga benua bisa menjadi juara piala dunia 2022 Qatar. Jadwal pertandingan Stadion 974, yaitu:
    • Grup C (22 Nov 2022): Mexico vs Polandia
    • Grup H (24 Nov 2022): Portugal vs Ghana
    • Grup D (26 Nov 2022): Prancis vs Denmark
    • Grup G (28 Nov 2022): Brasil vs Swiss
    • Grup C (30 Nov 2022): Polandia vs Argentina
    • Grup C (2 Des 2022): Serbia vs Swiss
    • Fase 16 besar (5 Des 2022): Juara Grup G vs Runner up Grup H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun