Mohon tunggu...
Sebastianus KiaSuban
Sebastianus KiaSuban Mohon Tunggu... ASN

ASN

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Diary Perjalanan Dinasku ke Pulau Solor

2 April 2019   11:38 Diperbarui: 2 April 2019   12:43 0 1 0 Mohon Tunggu...
Diary Perjalanan Dinasku ke Pulau Solor
Dok Pribadi, di atas Kapal KM Purnama

Tepatnya hari ini, Kamis, 28 Maret 2019, saya dan rekan -- rekan sekantor Dinas Perikanan Kabupaten Flores Timur melakukan perjalanan Dinas ke tanah Solor tuk menyambangi beberapa Desa di dua Kecamatan yakni Kecamatan Solor Barat dan Solor Selatan. 

Perjalanan kami kali ini dimaksudkan untuk bertemu teman-teman kelompok yang akan kami  jadikan sebagai kelompok penerima bantuan benih ikan unggul untuk pembudidayaan ikan air tawar. 

Ini sungguh penting agar kelompok penerima benar-benar disiapkan secara baik, mulai dari organisasinya, lokasi kolam hingga kesiapan dan antuasias  para anggota dalam menyambut program ini sebagai salah satu program pemberdayaan bagi masyarakat pedesaan.

Pagi itu, cuaca sedikit mendung tatkala KM Purnama, kapal yang kami tumpangi meninggalkan Pelabuhan Larantuka  - Flores menuju pulau Solor tepatnya di Pelabuhan Podor. 

Perjalanan lewat laut entah dari dan ke Larantuka menuju solor atau sejumlah pulau lain yakni Adonara dan Lembata juga sebaliknya di perairan Flores dan Lembata sudah merupakan hal biasa. 

Tapi hal itu tetap menjadi luar biasa karena pesona panorama alam sepanjang perjalanan adalah daya tarik yang sungguh punya daya pikat yang sayang untuk dilewati. Perjalanan dari Larantuka ke Solor biasanya ditempuh kurang lebih empat puluh lima menit. 

Menyeberangi Selat Larantuka yang teduh, membelah gelombang kecil yang meriak -- riak berayun pelan, lalu menyaksikan bebukitan Adonara yang berjajar menghijau usai dihujani sehari sebelumnya tak terasa kami sudah tiba di depan pulau solor, dan selanjutnya pelabuhan Podor.

Hampir jam sepuluh pagi kami tiba di Pelabuhan Podor. Pelabuhan ini nampak agak lengang, tak seramai pelabuhan di Larantuka. Maklum podor hanyalah salah satu titik singgah kapal -- kapal penyeberangan yang menyinggahi pulau Solor. Selain Podor, ada Pelabuhan Menanga, Pamakayo dan Ritaebang. 

Namun, Pelabuhan ini akan mendadak menjadi rame saat keberangkatan dan kedatangan kapal -- kapal motor  penyeberangan dan sesudah itu menjadi sepi lagi, hanya segelintir anak --anak dan masyarakat yang menikmati sensasi memancing ikan di pinggiran dermaga.

Tujuan pertama kami adalah Ke Solor Selatan. Di sana kami mesti  melapor diri ke Pimpinan wilayah Kecamatan Solor Selatan. Di bawah pimpinan Ibu Kabid Budidaya, Ibu Rosna, kami bersembilan  orang melapor diri dan memberi tahu maksud serta tujuan perjalanan dinas ini. Senyum ramah pegawai kecamatan menyambut kami. Kota Kecamatan Solor Selatan yakni Desa Kelike. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3