Otomotif

Hati-hati! Kontaminasi Freon dapat Merusak AC Mobil Anda!

2 September 2017   12:13 Diperbarui: 10 Oktober 2017   17:14 4310 0 0

Kontaminasi 2 macam freon (Gas refrigeran) berbeda dalam mobil, R134A dan R12

Anda biasa mengisi Freon (gas refrigeran) AC mobil anda di bengkel...

Tetapi tahukah anda bahwa gas refrigeran yang diisi ke dalam mobil anda apakah sudah sesuai dengan STANDAR dari mobil anda?

Bisa jadi, freon yang dimasukkan ke dalam mobil anda tidak cocok dan bercampur dengan freon lama yang ada di dalam sistem AC mobil anda. CEK mobil anda, jika mobil anda buatan diatas tahun 1992, tipe GAS REFRIGERAN yang harusnya diisikan ke dalam mobil anda adalah GAS R134A.

Jangan sampai gas lain seperti FREON R12 yang dimasukkan ke dalam sistem AC anda. Jika kedua gas ini bercampur, resikonya KOMPRESOR AC anda akan cepat RUSAK.


Bahaya Percampuran FREON AC Mobil

Loh, apa bahayanya jika kedua gas ini bercampur? Kan keduanya bisa membuat AC sama sama dingin? Begini lho. Kedua macam gas refrigeran ini, jika bercampur akan bersifat korosif dan akan membuat saluran AC mudah KARATAN. Selain itu, kedua gas ini bekerja pada tekanan yang berbeda dan membutuhkan oli yang berbeda juga. Jika kompresor dipaksa bekerja dalam kondisi ini, seperti jantung anda dialiri darah dan air secara bersamaan. Jadinya, kompresor akan cepat JEBOL. 

Nah, sudah tahu apa bahayanya mengisi gas refrigeran sembarangan kan? Makanya, pilihlah bengkel AC mobil yang terpercaya untuk menangani masalah mobil anda. 

Cara Memilih Bengkel Mobil

Pilihlah bengkel mobil yang dapat melakukan pengecekan lengkap pada sistem AC anda meliputi tes kontaminasi, kebocoran, kondisi gas refrigeran dan oli kompresor, serta temperatur awal dan akhir setelah servis AC mobil anda.