Mohon tunggu...
SDGs Indonesia
SDGs Indonesia Mohon Tunggu... Konsultan - Komunikasi Publik Sekretariat SDGs Indonesia

Komunikasi Publik Sekretariat SDGs Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

SDGs Center: Kolaborasi SDGs dengan Perguruan Tinggi dalam Akselerasi SDGs 2030

9 Agustus 2022   10:53 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:04 137 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Deputi KSDA Bappenas menyampaikan sambutan dalam kegiatan - Dok Seknas SDGs

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembanguna Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menyelenggarakan workshop yang bertajuk  "Sharing Knowledge" dan Peningkatan Kapasitas SDGs Center dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs)" guna mendiskusikan sekaligus mengajak untuk berperan aktif dalam mewujudkan capaian SDGs di Indonesia. 

Workshop dilaksanakan pada hari Kamis (28/07) secara daring melaui platform zoom serta disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Nasional SDGs .

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh 200 perwakilan penggerak isu SDGs dari seluruh Indonesia yang terdiri dari perwakilan Bappenas, Kemendikbud, Bappeda Pprovinsi, 31 SDGs Center di Indonesia, duta kampus, perguruan tinggi yang berencana akan membentuk SDGs Center, dan mitra pembangunan terkait.

Perwakilan Kemendikbud dalam kegiatan. Dok Seknas SDGs
Perwakilan Kemendikbud dalam kegiatan. Dok Seknas SDGs

Penyelenggaraan workshop ini sebagai bentuk pelaksanaan TPB/SDGs yang telah memasuki decade of action  (dekade aksi) yang melibatkan aksi nyata masyarakat untuk percepatan pencapaian SDGs di tahun 2030. 

Diawali dengan sambutan Ir. J. Rizal Primana - Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, yang dilanjutkan oleh Prof. Teuku Faisal Fathani selaku Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbud perihal pentingnya kolaborasi untuk pencapaian agenda SDGs 2030.  

Adapun tiga agenda utama yang dibahas dalam workshop, diantaranya terkait dengan mekanisme komunikasi dan kerjasama antar SDGs Center, peran SDGs Center dalam pendampingan kepada daerah, dan strategi komunikasi TPB/SDGs sebagai gerakan di perguruan tinggi. 

Pembahasan pertama tentang pembentukan dan pengembangan SDGs Center yang dipaparkan oleh Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc. -- Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan selaku Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs. 

Sesi pertama ini membahas mengenai perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam akselerasi capaian SDGs 2030. Sehingga hubungan mutualisme antara SDGs dengan perguruan tinggi kian nyata dan signifikan untuk dilaksanakan. Sesi kedua di paparkan oleh Yanuar Nugroho sebagai Koordinator Tim Ahli Sekreatriat Nasional SDGs. 

Pada sesi ini, mendiskusikan perkembangan SDGs Center di Indonesia. Kehadiran SDGs Center pada berbagai kampus di Indonesia diharapkan menjadi mitra bagi pemerintah baik di tingkat daerah maupun hingga tingkat nasional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan