Mohon tunggu...
Sri DewiKresnawati
Sri DewiKresnawati Mohon Tunggu... Guru - guru tk

saya adalah seorang guru tk,saya suka membaca,berkebun,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Perkembangan Motorik Anak

6 Agustus 2022   15:05 Diperbarui: 6 Agustus 2022   15:10 101 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan motoric adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak anak. Perkembangan motoric anak dibagi menjadi dua yaitu perkembangan motoric kasar dan pekembangan motoric halus. Motoric kasar adalah kemampuan Gerakan yang dilakukan oleh anak yang melibatkan otot-otot besar seperti otot kaki, betis, lengan. 

Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motoric kasar pada  anak seperti berlari,melompat,merangkak,bermain sepak bola,berenang, menari. Sedangkan motoric halus anak adalah Gerakan yang melibatkan otot-otot kecil, seperti Gerakan jari,tangan, pergelangan tangan.

Tahap perkembangan motoric anak usia 1 tahun.Anak umur 1 tahun akan mempunyai control yang baik dalam jari-jemarinya mungil dan control otot tangan yang lebih baik. Rasa ingin tahu anak sudah mulai berkembang untuk mengeksplor lingkungan sekitar. 

Maka perlu stimulus yang tepat untuk meningkatakan perkembangan motoric anak seperti: anak mulai berguling, anak mulai bangun dan berdiri, melambaikan tangan, anak mulai makan sendiri meskipun masih berantakan,anak  mulai dapat mengambil benda sekitar

Tahap perkembangan motoric anak usia 2 tahun.Memasuki usia 2 tahun, perkembangan motoric anak mulai berkembang pesat. Anak mulai aktif melompat,menendang dan melempar bola,berkjalan mundur,mengambil benda di sekitar dengan berjongkok hingga berlari. 

Tidak hanya perkembangan motoric kasarnya yang berkembanga tetapi perkembangan motoric halus anak juga mulai berkembang. Orang tua dapat menstimulus dengan cara mengajari Menyusun balok,membuka buku cerita,memegang crayon dengan jempol dan telunjuknya.

Tahap perkembangan motoric anak usia 3 tahun. Disini anak sudah bisa berlari,mengayuh sepeda, bahkan anak sudah bisa mengangkat satu kaki selama 1-3 detik Dalam usia ini anak sudah benar-benar mulai aktif untuk mengenal lingkungan sekitar.

Tahap perkembanagn motoric anak usia 4 tahun. Di usia dini anak sudah bisa berlari cukup lancer,bersepeda dengan benar, bahkan lebih gesit dalam berlari,berjalan dan naik turun tangga. 

Motoric halus anak juga berkembang dengan cukup baik seperti menggunting kertas,mengikuti pola,mencoba menggambar bentuk manusia, menulis beberapa huruf,memegang pesil dengan benar.

Tahap perkembangan motoric anak usia 5 tahun, dalam usia ini anak lebih sering aktif dalam kegiatan melompat,berlari,jungkir baik, bahkan bisa mengangkat satu kaki dalam waktu 20 detik.

Selain itu, perkembangan motoric halus anak juga sudah mulai berkembang dengan cukup baik meliputi dapat menulis angka dan huruf, menggambar orang dengan lengkap, memegang pesil,sendok dan garpu dengan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan