Mohon tunggu...
Lyfe Pilihan

Apresiasi Komik Strip "Ghosty's Comic"

19 Desember 2017   12:16 Diperbarui: 19 Desember 2017   12:23 1567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ghosty's Comic merupakan komik strip yang ada di webtoon. Komik buatan Ghosty Corp ini berawal dari komik Strip yang di publikasikan melalui media sosial Facebook. Ghosty's Comic bisa dibilang awalnya hanya terkenal di kalangan orang yang menyukai hal hal berbau jejepangan seperti anime, game , dll. Namun semenjak Ghosty's Comic resmi  beredar di webtoon Indonesia, popularitasnya semakin meningkat.

Mungkin orang yang baru pertama membaca Ghosty's Comic  sedikit kebingunan apalagi bagi orang orang yang tidak mengerti tentang hal -- hal berbau Jepang. Ghosty's Comic merupakan komik strip yang mengabil tema dalam dunia per-Khilafan. Khilaf yang dimaksud disini adalah dimana orang sering kali tergoda untuk membeli suatu barang yang disukainya. Ghosty's Comic membuat humor yang memang sering terjadi dalam dunia perkhilafan terutama seperti dunia figure dan game.  

Ghosty's Comic pertama kali resmi di Webtoon pada tanggal 12 Mei 2016 dan hingga sekarang sudah mencapai 200an episode di webtoon. Sebelum berada di Webtoon Ghosty's Comic sudah terkenal di Facebook dan juga Instagram dan jumlah episode yang dibuat tentu sudah ratusan bahkan mungkin sudah mencapai seribu. Karakter dalam komik ini terbilang tidak banyak dan tiap tokoh memiliki sifat yang berbeda beda sesuai dengan tingkat ke khilafanya. Seperti contoh ada Jaret si tokoh yang sering khilaf walaupun tidak punya uang. Atau tokoh yang terkenal seperti Sultan yang memiliki Unlimited Money. Jika di dunia nyata bisa dibilang Jaret adalah orang - orang yang suka khilaf  dengan budget pas -- pasan bahkan sampai meminjam uang dari teman untuk khilaf. Sedangkan Sultan adalah orang orang yang khilaf tanpa perlu memikirkan keuangannya dan koleksi dari barang barangnya juga banyak.

Hal yang menarik dari komik Ghosty's Comic ini adalah jalan ceritanya yang santai dan mudah dipahami. Walaupun mudah dipahami komik ini sering kali membuat kita tertawa dari tingkah karakternya dan tidak jarang cerita dalam Ghosty's Comic ini sering kita alami dalam dunia nyata, hal itu lah yang kadang membuat kita tertawa sendiri. Cerita dalan Ghosty's Comic sering kali kita temui dalam dunia hobi apalagi jika kita penggemar Anime sudah dipastikan kita pernah mengalami kisah dalam komik Ghosty's ini.

Dari jalan cerita selanjutnya adalah karakter dalam Ghosty's Comic ini. Karakter dalam Ghosty's Comic ini sangatlah sederhana. Namun walaupun sederhana, karakter dalam komik ini sangatlah pas dan justru dikarenakan karakter yang sederhana ini jalan cerita dari komik ini menjadi enak untuk diikuti. Jika dilihat dari segi proporsi sangat pas dan karakter juga nampak rapi sehingga mudah untuk diikuti jalan ceritanya. Kelemahan dari segi karakter hanya pada karakter Jaret dan Emon. Jika ada pembaca yang baru membaca komik ini pasti akan sedikit kesulitan membedakan Jaret dan Emon. 

Sekilas karakter ini memeang nampak sama yang membedakan hanya bentuk dari mata saja. Namun untuk penggambaran karakter lainya seperti sultan, kaisar, dan juga pamans sangat mudah untuk dibedakan apalagi penggambaran dari ke tiga karakter tersebut sungguh sama persis seperti sifat yang dimiliki oleh ketiga karakter tersebut. Dari segi pewarnaan Ghosty's Comic termasuk yang memiliki pewarnaan sederhana. Hal itu wajar untuk komik - komik humor. 

Dikarenakan jika Ghosty's Comic menggunakan warna yang bervariasi akan menjadi seperti komik yang serius. Walaupun warna yang digunakan tidak bervariasi namun pemiliha warna dalam komik ini tampak diperhatikan dengan baik oleh pengarang. Hal ini bisa dilihat dari warna background komik yang nampak menyatu dengan karakter sehingga secara tidak langusng mata yang membaca komik ini juga bisa rileks.

Dialog dari komik ghosty ini juga sangat sederhana dan mudah untuk dipahami walaupun kadang kadang ada kata kata yang kekinian yang membuat pembaca pemula kebingungan, namun hal itu bisa ditutupi dari keterangan yang ada di komik. Dialog dialog yang dipakai dalam komik ini adalah dialoh yang biasa digunakan dalam dunia hobi misal Ampas, Salty, Waifu, Wibu, dan lain-lain. Bagi orang orang yang tidak memiliki hobi game, anime, dan figure mungkin akan sedikit asing dengan kata kata tersebut. Namun menggunakan kata- kata tersebut justru menimbulkan daya tarik sendiri dari komik Ghosty's ini.  Pengguanaan font juga sangat pas, yaitu tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil sehingga enak untuk dibaca.

Jalan cerita dari Ghosty's Comic ini juga selalu fresh dan jika ada suatu permasalah dalam dunia hobi pasti akan dengan cepat dibuat cerita. Yang membuat komik ini menarik adalah saran saran cara khilaf yang mungkin bisa kita praktekan seperti contohnya tips hemat seperti makan nasi kecap. Jika kita baca mungkin tampak aneh dan nyeleneh namun jika kita pikir mungkin bisa menjadi salah satu cara berhemat yang baik. Atau tingkah laku Jaret saat khilaf walaupun sedang tidak memiliki uang di kantong tapi tetap berhasil untuk khilaf. Selain itu lain halnya sosok dari karakter Sultan juga menjadi daya tarik tersendiri apalagi jika kita melihat tingkah laku sultan seperti suka menenggelamkan orang di sungai atau jika Sultan lagi ingin khilaf maka tidak jarang dia malah membeli perusahaan dari produk yang ingin ia beli.

 Bukan hanya kisah dalam dunia per-Khilafan saja yang sering dibuat ceritanya, tidak jarang Ghosty's Comic juga membuat cerita yang tidak berhubungan dengan dunia perkhilafan, namun tetap dikemas dalam cerita ala Ghosty's Comic. Yang membuat Ghosty's Comic luar biasa adalah komik ini tidak terbawa arus seperti pada masa politik banyak komik -- komik humor yang membuat tema -- tema politik dan tak jarang komik humor itu melenceng dari ciri khas komik tersebut. 

Hal itu tidak terjadi dalam komik Ghosty's Comic ini, walaupun pada tahun tahun politik Ghosty's Comic tidak pernah membuat cerita tentang politik hal ini lah yang membuat komik ini di apresiasi oleh banyak penggemarnya karena tidak termakan arus. Walaupun Ghosty's Comic ini tidak terbawa arus politik, komik ini tetap eksi dikalangan para pembaca bahakan bisa dibilang pembaca dari komik ini meningkat di karenakan banyak pembaca yng sudah bosan dengan cerita cerita komik humor yang bertemakan politik, karena tidak jarang komik tersebut malah menyinggung salah satu pihak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun