Mohon tunggu...
Sayyidatus Sajidah
Sayyidatus Sajidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - i'm a dreamer

Mahasiswi UIN Malik ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengetahui Teknologi Terbaru dari Otak

28 Maret 2022   22:55 Diperbarui: 28 Maret 2022   22:59 118 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.kafekepo.com

Otak merupakan system yang terdiri dari banyak sekali proses biologis yang kompleks, termasuk Bahasa, persepsi, kognisi, bahkan control motorik. Dahulu, untuk mengukur proses kognitif, Teknik nya menggunakan pengukuran waktu reaksi dengan tes kertas dan pensil saja. Kemudian teknologi semakin maju dan banyak sekali penelitian hebat yang memukan alat -- alat canggih sebagai berikut,

Electroencephalography ( EEG ) yakni alat pemindai otak untuk menyimpan informasi yang dikeluarkan oleh sel saraf pada otak. Ia bekerja dengan mengukur bagaimana saat kita melakukan aktivitas, otak akan menghasilkan gelombang. Otak manusia memiliki gelombang otak. Pada ilmu saraf, terdapat 5 gelombang otak yakni beta, alpha, theta, delta, dan gamma. EEG akan merekam aktivitas otak pada permukaan kepala.

Computerized axial tomography atau CT merupakan suatu Teknik yang digunakan melalui mesin computer dan terhubung dengan mesin x-ray yang fungsinya untuk menangkap gambar detail bagian dalam otak manusia

CT merupakan satu -- satunya alat yang canggih di dunia, ia menggunakan cara anatomi dalam melakukan metabolisme dalam tubuh, dan canggihnya lagi, ct ini dapat mendeteksi tubuh manusia tanpa melukai.

 CT memiliki kemampuan diferensisasi serta sensitive yang tinggi untuk memeriksa dimana lesi kanker bahkan yang paling kecil sekalipun. Nah, fungsi dari CT ini untk mengetahui penentuan rancangan serta obat yang akan digunakan selanjutnya.

PET atau tomografi emisi positron merupakan suatu Teknik yang untuk mengukur metabolisme dalma otak dengan cara menyuntikkan pasien dengan zat radioaktif yang mengikat glukosa lalu mengikat membrane sel saraf pusat melalui aliran darah. Hal ini memungkinkan untuk mencari tahu penurunan jumlah neuron pada area otak tertentu.

Biasanya, pemeriksaan PET/CT persiapannya sekitar 2,5 sampai kurang lebih 3 jam. Beberapa keunggulannya antara lain : Aman dan tentunya tidak menimbulkan luka, hasilnya akurat apalagi untuk mengidentifikasi tumor jinak bahkan ganas sekalipun, dan biayanya yang cukup terjangkau.

Magnetic resonance imaging atau yang biasa disebut MRI, merupakan suatu Teknik dalam Kesehatan yang digunakan untuk memindai organ dalam tubuh secara rinci. Mesin MRI ini panjangnya antara 1,5 hingga 2,5 meter. Mesin MRI terdapat dua jenis yakni terbuka dan tertutup. 

Pada mesin yang tertutup, biasanya tubuh pasien diletakkan kedalam mesin tersebut. Dan pada mesin MRI terbuka, ia tidak sebaik mesin MRI yang tertutup. Tetapi mesin MRI terbuka menjadi pilihan utama bagi orang -- orang yang memiliki fobia pada tempat yang cenderung tertutup.

Bagaimana mesin MRI bekerja? Dalam mesin ini terdapat magnet yang berfungsi untuk memindai pasien. Selanjutnya, medan magnet ini akan menyebarkan atom hydrogen pada tubuh manusia. Lalu, mesin akan mengeluarkan frekuensi radio. Nah, step terakhir mesin akan dapat mendeteksi lalu mencatat pelepasan energi tersebut.

Ada yang Namanya mirip dengan MRI yakni FMRI. Apa sih bedanya kedua alat tersebut? Nah, kepanjangan dari FMRI ialah functional magnetic resonance imaging. Ini merupakan Teknik penggambaran otak mulai dari mata, suara, sentuhan, rasa, senyuman dan aktivitas lainnya. Scan FMRI akan menggambarkan fungsi metabolisme tubuh manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan