Mohon tunggu...
Uka Whardhana
Uka Whardhana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam

Seorang Insan pembelajar yang ingin berbagi rasa juga asa.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Boruto dan Kagura, Esensi Sejarah di Anime Boruto: Naruto The Next Generation Studi Episode 31

2 Juni 2022   11:14 Diperbarui: 2 Juni 2022   11:18 575 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi saya pribadi anime tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi hanya sebagai animasi bergambar yang bergerak saja tanpa ada suatu pembelajaran yang bermanfaat bagi yang menonton. 

Ada banyak macam genre anime, dan bentuk animasi yang beragam dalam menggambarkan setiap kejadiannya, ada yang terlihat heroik, menyeramkan dan lain sebagainya. Tapi bagi saya pribadi semua itu kembali lagi kepada penonton sebagai konsumen, untuk memaknai dan mengambil pembelajaran yang disajikan.

Misal, salahsatu anime yang membuat saya tertarik adalah Boruto : Naruto The Next Generation. Sebab anime ini merupakan kelanjutan dari anime Naruto Shippuden yang menceritakan Naruto Uzumaki sebagai seorang ninja yang membawa perubahan bagi dunia shinobi sekaligus menyelamatkan dunia. 

Kemudian lanjutan daripada anime Naruto adalah Boruto : Naruto The Next Generation, pada anime ini menceritakan Boruto Uzumaki yang tidak lain adalah putra dari Naruto, hasil pernikahannya dengan Hinata Hyuga.

Dari kemunculan anime ini sejak tanggal 5 April 2017, saya selalu mengikuti setiap episodenya sampai saat ini. Dan episode yang paling membuat saya terkesan dan kagum adalah episode 31, sebab sarat dengan pembelajaran yang relevan dengan yang saya pelajari di jurusan saya yaitu sejarah. Di episode 31, tengah terjadi pertempuran antara Boruto, Mitsuki dan Kagura melawan Shizuma.

Tapi sebelumnya diceritakan bahwa Kagura merupakan sosok yang kejam, sebab menurut shizuma ada darah Yagura (kakeknya) yang menjadikan Kagura sebagai sosok yang kejam. Dan kita tahu bahwa Yagura kakeknya adalah seorang mizukage (pemimpin desa air), yang mana pada zamannya dijuluki desa kabut berdarah. 

Sehingga tak heran Kagura menjadi sosok yang kejam. Itulah doktrin yang berhasil ditanamkan Shizuma pada Kagura, sehingga membuat Kagura berkhianat pada desanya yaitu Kirigakure dan memilih bergabung dengan para pemberontak untuk  mengkudeta kepemimpinan Chojuro yang menjadi Mizukage pada saat itu.

Tapi singkatnya, Kagura tersadarkan oleh Boruto, yang mengatakan "Kehidupanmu saat ini, itu tidak ada hubungannya dengan bayangan masa lalumu". Artinya yang dimaksud Boruto, bahwa kehidupan Yagura (kakeknya Kagura) dulu itu tidak ada hubungannya dengan Kagura, maka hanya 

Kagura lah yang menentukan kehidupannya sendiri tanpa berpatokan pada kisah-kisah kelam dari kakeknya itu sendiri. Sehingga setelahnya Kagura mempunyai sikap. 

Dari sini, sebetulnya kita pun bisa menilai bahwa Boruto adalah sosok yang bijaksana yang berhasil memahami perjalanan hidupnya sendiri, dalam artian esensi sejarah sudah Boruto kantongi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan