Mohon tunggu...
Uka Whardhana
Uka Whardhana Mohon Tunggu... Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam

Seorang Insan pembelajar yang ingin berbagi rasa juga asa.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jazirah Arab Pilihan Allah

28 Agustus 2020   23:01 Diperbarui: 28 Agustus 2020   23:07 7 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jazirah Arab Pilihan Allah
bobo.grid.id

"Sebab-Sebab Terpilihnya Arab Sebagai Tempat Risalah Kenabian Terakhir"

  • Jazirah arab adalah wilayah yang panas, sebuah wilayah yang tidak mampu di taklukan oleh kekuatan negara adidaya yang tidak menyukai kalangan agama islam, terutama romawi, persia dan lainnya,
  • Jazirah arab mempunyai banyak keyakinan, sehingga tidak ada unsur persatuan yang di anut oleh mayoritas penduduk arab. Keyakinan dan cara beribadahnya pun beragam ada yang beragama yahudi, nasrani, menyembah patung berhala yang beragam tergantung wilayah, menyembah malaikat, menyembah binatang dan ada kelompok kecil yang masih menganut sisa-sisa agama ibrahim (hanif).
  • Jazirah arab memiliki kondisi kultur yang mempunyai nilai dan bobot, adat kesukuan menjadi aturan hidup bagi masyarakat arab. Kekeluargaan memiliki peran penting dalam sistem masyarakat. Karena hal itu, tatkala Rasul berdakwah maka yang menjadi pelindungnya adalah keluarganya yaitu bani hasyim.
  • Di jazirah arab, ada daerah pedalaman yang bernama yatsrib kemudian berganti nama menjadi madinah, daerah yang belum terkontaminasi oleh corak-corak pemikiran luar. Berbeda dengan kota mekkah yang sudah tercampur pemikiran-pemikiran dari luar yang beragam, karena pada waktu itu mekkah menjadi tempat perdagangan dan peristirahatan sehingga sering kali di hinggapi oleh orang luar.
  • Jazirah Arab secara geografis terletak di tengah-tengah peta dunia. Inilah hal yang menyebabkan Islam menyebar dengan mudahnya secara masif ke seluruh dunia.
  • Jazirah arab memiliki satu bahasa yaitu bahasa arab.
  • Di jazirah arab ada kota mekkah yang disana terdapat hajar aswad/ka'bah, banyak pengunjung dari luar untuk berziarah. Banyak kalangan yang berziarah seperti pedagang, saudagar kaya, jemaah haji dan mekkah pada saat itu dijadikan tempat konferensi syai'r dan sastra. Sehingga dengan itu akan lebih mempermudah berita ke belahan jazirah arab yang lainnya, melalui mereka yang datang pergi.
  • Menurut Ibnu Khaldun, penduduk jazirah arab adalah manusia pertengahan berdasarkan segi perawakan, warna kulit, akhlak dan agama kepercayaan. Sehingga kebanyakan nabi diutus berasal dari arab, karena nabi harus memiliki kesempurnaan dari segi fisik dan moral.

Dengan demikian, karena hal-hal diataslah yang telah menjadi keutamaan dari jazirah arab, menjadi pilihan Allah untuk menjadi tempat turunnya wahyu, tempat terpancarnya risalah yang terakhir, dan menjadi kiblat.

Bahan bacaan :

FIKIH SIRAH : Mendulang Hikmah dari Sejarah Kehidupan Rasulullah SAW. Karya Prof. Dr. Zaid bin Abdul Karim Az-Zaid.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x