Mohon tunggu...
Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Solo Player

Mahasiswa UNUSA Prodi S1 Sistem Informasi angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Hobiku

28 September 2021   13:52 Diperbarui: 28 September 2021   13:58 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Assalumalaikum wr.wb

Dalam topik kali ini saya ingin berbagi tentang hobi saya. Sebelum itu alangkah baiknya saya perkenalan terlebih dahulu. Perkenalkan nama saya Dimas Satrio Utomo mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya angkatan 2021 Prodi S1 Sistem Informasi. Berbicara mengenai hobi. Saya memiliki berbagai macam hobi diantara lain yaitu membaca komik, membaca nove,dan bermain game. Mungkin yang saya bahas kali ini hanya membaca komik saja.

Pertama Membaca Komik.

Saya biasa membaca komik melalu media webtoon atau website. Saat membaca komik saya biasa menggunakan Bahasa Inggris. Selain mempelajari kosa kata Bahasa Inggris baru saya juga mengamati seni dari menggambar sebuah komi. Tentu saja saya juga menikmati alur cerita dari komik komik yang saya baca. Dari membaca komik saya mengetahui beberapa hal yaitu komik diciptakan dari beberapa negara dan setiap negara masing masing memilik karakteristik yang berbeda beda dari segi penggambaran dan ceritanya.

Kita mulai dari Negara Jepang dari sisi komiknya mereka menggunakan warna hitam putih dan setiap frame bisa meliputi beberapa gambar. Dan cara bacanya dimulai dari kanan ke kiri.  Nah penggarapan setiap chapter biasanya perbulan upload satu chapter. walaupun komik garapan Negara Jepang hanya berwarna hitam dan putih namun dari aspek detail gambarannya sangat hebat saya sebagai orang awam dalam bidang seni pun mengakui komik garapan Negara Jepang sangat bagus dalam penggambarannya. Tidak heran jika penggarapan satu chapter memakan waktu sekitar satu bulan.

Dilanjut komik dari Negara Korea. Komik mereka lebih berwarna di bandingkan dengan komik Jepang. dan setiap frame hanya terdiri dari satu gambar oleh karena itu komik Korea selalu panjang kebawah. Cara bacanya pun berbeda dari komik Jepang. Komik Korea mulai membacanya dari kiri ke kanan. Dan penggarapan komik Korea hanya membutuh satu minggu sehingga Komik Korea hanya membutuhkan waktu seminggu untuk upload ke chapter berikutnya. 

Terakhir komik dari Negara China dari segi pewarnaan dan frame sama seperti komik Korea dan cara membacanya pun sama dari kiri ke kanan. Sepanjang komik China yang saya baca saya menyadari bahwa komik China lebih banyak memuat tema murim atau dunia martial. Tidak sebatas martial art saja, mereka menambahkan kekuatan kekuatan dari setiap gerakan atau biasa kita kenal dengan jurus. Jurus tersebut dapat diukur dari sejauh mana mereka berlatih karena setiap karakter dari komik China memiliki tahapan dan level yang berbeda beda. Komik garapan China lebih sering membahas clan clan ataupun silsilah keluarga bangsawan. Setiap individu pasti memiliki sejarah claannya masing masing dan setiap clan memiliki jurus atau kekuatan yang turunkan berdasarkan keluarganya. Sehingga tidak ada satu clan yang unggul clan clan tersebut memilik keunggulan di bidangnya masing masing. Dan dalam penggarapannya atau update Komik China tidak menentu terkadang seminggu sekali terkedang bisa sebulan sekali atau bahkan bisa sebulan lalu update beberapa episode langsung. 

Cukup sekian pembahasan hobi saya kali ini. Sekian dari saya

wassalamualaikum wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun