Satrio Daniel Botka
Satrio Daniel Botka Pelajar

Aku kompasianer cilik, umurku 9 tahun, mencoba menulis dan berbagi kisah di kompasiana, semoga bermanfaat :-)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Wow, Capri Everitt Bernyanyi 80 Lagu Kebangsaan

10 April 2016   22:45 Diperbarui: 10 April 2016   23:44 104 1 2

[caption caption="Capri Everitt, berumur 11 tahun berkeliling dunia ke 80 negara menyanyikan lagu kebangsaan negara tersebut (dokpri)"][/caption]Suatu hari Om Harris Maulana yang juga seorang kompasianer, mengajakku untuk ikut mendaftar acara  Kompasiana Coverage bersama Capri Everitt. Ibuku mendaftarkan aku agar bisa ikut acara tersebut. Wah namaku ternyata masuk dalam 10 kompasianer yang bisa ikut dalam acara tersebut.

Hari minggu yang lalu pada tanggal 3 april 2016, aku bersama keluargaku berangkat pagi-pagi sekali jam 6 menuju acara Kompasiana Coverage.  Kami semua diantar oleh ayahku menggunakan mobil, namun ayah hanya bisa mengantar kami sampai Sarinah karena setiap hari Minggu di Jalan Sudirman Thamrin merupakan hari Jakarta Bebas Kendaraan Bermotor (Jakarta Car Free  Day)

Jakarta car free day  adalah hari dimana sejak jam 6 pagi hingga jam 11.00 mobil-mobil, motor dan bus tidak diperbolehkan untuk melintasi  jalan Sudirman kecuali busway yang tetap berjalan pada lajurnya. Biasanya di hari itu akan banyak orang dari mana-mana yang datang menikmati  jalan yang tanpa polusi dari asap kendaraan. Mereka ada yang lari pagi, bersepeda, bermain sepatu roda, dan bermain skateboard. Melihatnya aku jadi ingin juga membawa sepedaku atau skteboardku dan menggunakannya di jalan Sudirman ini.
 Kami melanjutkan perjalanan menggunakan busway, hanya 2 halte saja kami sudah sampai di Plaza UOB di jalan Thamrin. Sudah banyak orang di area panggung yang digunakan oleh Capri Everitt bernyanyi. Acara bertema “Around The World in 80 Anthems with Capri Everitt” dimulai dengan Capri berjalan kaki menyusuri area jalan Car Free Day bersama masyarakat yang hadir di acara tersebut.

[caption caption="Capri bersama anak-anak Sos Children's Villages & masyarakat berjalan jalan car free day (dokpri)"]

[/caption]

Capri Everitt, anak perempuan kecil berumur 11 tahun dari Canada berkeliling dunia ke 80 negara dan menyanyikan  80 lagu kebangsaan untuk mengumpulkan uang sebanyak 1juta dollar Amerika yang akan disumbangkan kepada anak-anak dan keluarga yang ditampung dalam wadah pengasuhan SOS Children village yang tersebar di 134 negara di bumi ini. Negara Indonesia adalah Negara ke-37 yang ia kunjungi setelah Malaysia, Selanjutnya Capri akan berkunjung ke Bandung Jawa Barat dan lalu menuju negara Srilanka.

Setibanya Capri setelah berjalan bersama masyarakat yang menikmati Jakarta Car Free Day, maka acara dilanjutkan dengan pertunjukan dari anak-anak Taman Suriopati Chamber membawakan lagu wajib “Tanah Air” dan “Tana Air Beta”. Bagus banget penampilannya, walau hanya alunan suara alat music saja tanpa ada penyanyinya.

[caption caption="Penampilan dari anak-anak Taman Suropati Chambers, keren banget (dokpri)"]

[/caption]

Selanjutnya adalah penampilan dari Lampu Percussian Sos Children's Villages

[caption caption="Lampu Perkussion juga membawakan lagu Indonesia, rame dan seru terdengar"]

[/caption]

 Tak lama kemudian pengunjung memanggil Capri Everitt untuk tampil segera, maka muncullah Capri.  Ia menyanyikan lagu “ Let It Go”  yang merupakan soundtrack film frozen. Hampir semua pengunjung ikut menyanyikan  lagu ini. Lalu Capri juga menyanyikan lagu “ Somewhere Over  The Rainbow” dari soundtrack film the Wizard of Oz” .

lalu Capri  bersama paduan suara anak dari Sos Children’s Village Indonesia menyanyikan lagu” Indonesia Raya”  lagu kebangsaan Indonesia. Semua orang yang hadir bernyanyi bersama.  Sungguh keren penampilan Capri, aku merasa kagum karena Capri yang anak Kanada saja bisa lagu Indonesia Raya, kira-kira ada gak orang Indonesia yang lupa bagaimana menyanyikan lagu kebangsaannya. Harus malu ya kalau lupa. Capri saja yang orang Kanada bisa dan tidak lupa. Aku jadi ingat adik aku yang berumur 4 tahun masih suka lupa lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya.

[caption caption="Capri bersama paduan suara SOS Children's Village bersama pengunjung Jakarta Car Free Day menyanyikan lagu "Indonesia Raya" (dokpri)"]

[/caption]

Pada sebuah kesempatan para kompasianer mewawancarai Capri, aku juga bertanya kepada Capri tentang lagu kebangsaan dari negara manakah yang paling ia sukai. Capri menjawabnya bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya yang paling ia sukai. Capri juga bercerita bahwa lagu kebangsaan China adalah yang paling tersulit ia pernah nyanyikan. Pada kesempatan wawancara tersebut Capri juga menyanyikan sedikit lirik lagu kebangsaan dari Negara Singapura, India, China dan Kanada. 

Capri juga bercerita bahwa menyanyikan 80 lagu kebangsaan juga adalah ide darinya, ia yakin anak-anak di negeri yang ia datangi pasti akan bisa menyanyi bersamanya bila yang dinyanyikan adalah lagu kebangsaan anak-anak negeri tersebut.

Pak Gregor Hadi Nitihardjo sebagai direktur SOS Children’s Village Indonesia mengatakan bahwa ide Capri menggalang dana dengan bernyanyi  lagu kebangsaan 80 negara adalah sangat baik menunjukkan kepedulian Capri yang juga masih anak-anak kepada anak-anak tak beruntung di seluruh dunia.

Dalam acara ini hadir juga kakak Teuku Zacki bersama kakak Dira Sugandhi yang bersama para artis Indonesia membuat komunitas Sahabat  Anak Negeri yang peduli terhadap nasib anak-anak Indonesia yang kurang beruntung, seperti kehilangan keluarga, yang miskin, korban kejahatan, dan yang tak mendapatkan hak-hak sebagai anak.

[caption caption="kak Teuku Zacky, Capri Everitt dan Pak Hadi Gregor Nitihardjo berfoto bersama (dokpri)"]

[/caption]

Oh ya di acara ini juga diramaikan oleh komunitas UFM947 yang akan membagikan kue makarons gratis bila pengunjung car free day mau memeluk anaknya, asyiiik dapat kue enak.

[caption caption="Keluarga Capri berfoto sebagai simbol untuk berpelukan dan mendapatkan kue makaron gratis (dokpri)"]

[/caption]

Acara ini juga diramaikan oleh kak Fajar dari Komunitas Papua yang menyanyikan lagu-lagu Papua demi kepeduliannya kepada anak-anak di Papua sana.

[caption caption="Kak Fajar bernyanyi lagu-lahu Papua (Dokpri)"]

[/caption]

Aku Satrio Daniel Botka, merasa senang dan bangga bisa hadir menyaksikan Capri Everitt dan merasa beruntung bisa mewawancarainya langsung. Aku senang mengetahui bahwa Capri akan datang berkunjung juga ke Hungaria juga menyanyikan lagu kebangsaan Hungary yang katanya bahasanya termasuk sulit di dunia. Oh iya, Capri punya cita-cita ingin menjadi penyanyi di Broadway.

Doa kami semoga impian Capri bisa menggalang dana hingga 1 juta dollar Amerika semoga tercapai, semoga sukses bersama SOS Children's Villages bisa membantu anak-anak malang di seluruh dunia.

[caption caption="Aku dan adikku sempat berfoto narsis dengan Capri (dokpri)"]

[/caption]

[caption caption="Para kompasianers berfoto narsis dengan Capri dan keluarganya juga (Dokpri)"]

[/caption]

Bagi pembaca yang ingin lihat video Capri Everitt menyanyikan lagu Indonesia Raya bisa membuka link youtube berikut ini yaa.. Capri Everitt bernyanyi lagu Indonesia Raya

Semua foto dan video adalah dokumen pribadi