Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Penulis yang sedang belajar lebih baik

Kelak, tulisan kita yang akan menjadi sejarah bahwa kita pernah bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Yuk, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan Belajar Membuat Podcast di Aplikasi Anchor!

24 April 2021   23:30 Diperbarui: 24 April 2021   23:47 485 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan Belajar Membuat Podcast di Aplikasi Anchor!
Ilustrasi membuat podcast, sumber : Pixabay/StockSnap

Ngabuburit selalu menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu ketika bulan Ramadan tiba. Banyak orang yang menghabiskan waktu sorenya sembari jalan-jalan, membeli makanan, atau mengobrol bersama teman sambil berjalan-jalan. Itu terjadi sebelum pandemi menyerang, beda dengan sekarang.

Sejak pandemi muncul, ngabuburit di luar tak lagi aman. Walau tahun ini ngabuburit tak dilarang secara khusus tak seperti tahun lalu, tetap saja menghabiskan waktu ngabuburit di luar bisa membahayakan dirimu dan lingkungan sekitar. Virus corona yang masih bertebaran, membuat kita terpaksa menghabiskan waktu ngabuburit di dalam rumah.

Eits, kamu tidak perlu sedih. Walau di rumah, ngabuburit tetap seru kok! Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah membuat Podcast

Kenapa harus podcast?

Akibat pandemi, kita jadi kesulitan untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Bertemu dengan teman hanya bisa lewat online, sedangkan ketika bertemu langsung, juga akan sulit karena harus menjaga jarak. Padahal, di masa pandemi ini, kita butuh tempat bercerita, kita butuh pendengar yang baik untuk mendengarkan cerita kita.

Daripada kamu bingung bagaimana caranya bisa menceritakan kisahmu dan menjelaskan ide-idemu, bagaimana kalau kamu mencoba membuat podcast? Dengan membuat podcast, kamu bisa belajar public speaking dan belajar bercerita serta mengutarakan idemu dengan baik dan benar.

Jika bercerita dengan teman seringkali dipotong dengan kalimat "Iya, gue dulu juga gitu..." dan berujung kamu yang jadi pendengar. Maka dengan membuat podcast, kamu bisa bercerita dengan sebebas mungkin dan kisahmu bisa didengar oleh banyak orang.

Selain itu, pendengar podcast di Indonesia makin hari kian meningkat. Dilansir dari bisnis.tempo.co, Spotify's Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte mengatakan 2020 merupakan tahun luar biasa bagi podcast Indonesia, yang mana konsumsi podcast meningkat pesat begitu pula ekosistem pemain lokal yang terus berkembang.

"Pendengar makin dekat dengan mulai mengikuti cerita terbaru dari artis favorit, menyelami cerita horor, atau sekadar menertawakan celoteh penuh canda, podcast telah membawa orang-orang ke dunia hiburan baru selagi tetap berada di rumah," katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat, 1 Januari 2021.

Anchor, salah satu aplikasi membuat podcast

Ilustrasi aplikasi Anchor, sumber : Google Play
Ilustrasi aplikasi Anchor, sumber : Google Play

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara membuat podcast? Bagaimana cara podcast kamu bisa masuk di spotify?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x