Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Penulis yang sedang belajar lebih baik

Kelak, tulisan kita yang akan menjadi sejarah bahwa kita pernah bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

"Lake View II", Lukisan Karya Hendra Gunawan yang Menampilkan Keindahan Indonesia

25 Januari 2021   10:44 Diperbarui: 25 Januari 2021   12:02 221 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Lake View II", Lukisan Karya Hendra Gunawan yang Menampilkan Keindahan Indonesia
artsandculture.google.com

Salah satu karya yang diperlihatkan dalam pameran museum virtual Google Arts & Culture adalah karya milik Hendra Gunawan, seorang pelukis dan pematung yang dikenal aktif mengembangkan seni lukisan modern di masa awal kemerdekaan Indonesia. Karya yang berjudul "Lake View II" dibuat di tahun 1974 kini bisa kita lihat secara virtual.

Panorama danau dan perbukitan menawarkan suasana damai, eksotis dan menyejukkan. Di kejauhan, saya melihat sekilas desa nelayan. Melalui lukisan ini Hendra mengungkapkan ketertarikannya pada pemandangan alam Indonesia yang indah. 

Dia mengirimkan pesan kepada penonton, "Saya hanyalah seorang anak desa, yang tumbuh dengan dikelilingi oleh alam yang indah dan kehidupan agraris. Tanah ini adalah komunitas dengan pemandangan yang menakjubkan dari kaki bukit hijau bergelombang yang ditutupi dengan persawahan, yang semuanya adalah terkristalisasi dalam keindahan lukisan saya: indahnya kehidupan agraris, "demikian pengakuan Hendra.

Lukisan "Lake View II" menggambarkan kekaguman Hendra terhadap pemandangan alam yang begitu indah yang ada di Indonesia. Komposisi warna ditampilkan secara realistis juga sesuai dengan gambar aslinya. 

Seperti penggambaran gunung, awan, dan pepohonan yang membuatnya semakin menarik untuk dilihat. Pemandangan alam yang ditumpahkan ke dalam lukisan dan dibalut dengan keindahan warna cerahnya mampu membuat para penikmat karyanya menjadi tenang ketika melihat lukisannya. 

Walaupun gaya melukis Hendra berbeda dari Vincent Van Gogh, namun beberapa lekukan yang terlihat pada bagian pohon yang menjuntai di pinggir jalan menuju ke arah persawahan mungkin membuat saya teringat pada karya 'Starry Night'. Hal ini menunjukkan bahwa lukisan ini berbeda dari lukisan buatannya yang lain, dia sengaja menumpahkan berbagai warna cerah dan menyatukannya dengan warna gelap sehingga mampu menimbulkan warna yang memanjakan mata para penikmat karyanya.

***

Nama : Satria Adhika Nur Ilham

Tugas Bahasa Indonesia : Menanggapi Karya Lukisan Hendra Gunawan.

VIDEO PILIHAN