Mohon tunggu...
Muhammad Satria
Muhammad Satria Mohon Tunggu... Menambah Pengalaman dengan Menulis

Saya menulis apa saja yang saya harap bisa berguna.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Dampak Pemindahan Ibu Kota, Genderang UI Berubah Lagi?

22 Agustus 2019   20:54 Diperbarui: 22 Agustus 2019   20:54 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dampak Pemindahan Ibu Kota, Genderang UI Berubah Lagi?
dokumen pribadi

..., berbakti dalam karya, MAAHASIIISWAAAA!!

Hayo, adakah mahasiswa atau alumni Universitas Indonesia (UI) yang dulu sangat lantang kala menyebut kata 'mahasiswa'? Ya, kata 'mahasiswa' dalam Genderang UI memang berada di puncak lagu, sehingga wajar jika yang menyanyikannya akan mengerahkan tenaga ekstra - termasuk saya.

Genderang UI sendiri merupakan lagu yang wajib dihapal oleh setiap mahasiswa UI. Bagaimana tidak?

Pertama, Genderang UI merupakan lagu yang akan menyambut kedatangan mahasiswa baru serta mengiringi pelepasan para wisudawan.

Kedua, lagu ini merupakan lagu yang menggambarkan kebesaran UI serta tujuan setiap mahasiswa dalam menuntut ilmu - berbakti pada nusa dan bangsa.

Genderang UI biasanya dinyanyikan di Balairung dengan arahan Bapak Ag. Sudibyo selaku pemimpin paduan suara mahasiswa baru serta dibantu Paragita - paduan suara UI.

Genderang UI diciptakan oleh Husseyn Umar (alumnus Fakultas Hukum UI) serta Godfried Sitompul (alumnus Sekolah Tinggi Teologi Jakarta) pada tahun 1957. Selama berpuluh-puluh tahun itu, Genderang UI sudah mengalami beberapa perubahan, meski tidak keseluruhan. Sebelum melihat perubahan tersebut, mari lihat terlebih dahulu seperti apa keseluruhan lirik Genderang UI kala dibuat pertama kali.

Universitas Indonesia
Universitas Kami
Bogor Bandung Jakarta
Pusat Ilmu Budaya Bangsa

Kami Mahasiswa
Pelambang Cita
Ngejar Ilmu Pekerti Luhur
Tuk Nusa dan Bangsa

S'mangat Lincah Gembira
Buku Pesta dan Cinta
Itulah Hidup Kami
Mahasiswa

Universitas Indonesia
Pelambang Cita
Walaupun Kami Tersebar di Tiga Kota
Bogor Bandung dan Jakarta
Kami yang Punya

Mengacu kepada Memoar Ayatrohaedi, perubahan pertama terjadi pada kalimat "Bogor Bandung Jakarta". Saat itu di tahun 1959, Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) di Bandung dikembangkan menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB). Akademi Pendidikan Jasmani (APD) yang juga berada di Bandung bergabung dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Padjajaran - FKIP nantinya dikembangkan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pedidikan (IKIP Bandung), lebih jauh lagi IKIP Bandung ini berubah menjadi universitas yang sekarang dikenal dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Empat tahun berselang, giliran Fakultas Pertanian dan Kehutanan (FPKH) dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) di Bogor yang melepaskan diri menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB). Oleh sebab itu, kalimat "Bogor Bandung dan Jakarta" saat ini tidak ada lagi karena sejak lama sudah diubah menjadi "Ibukota Negara" - mengingat hanya di Jakarta fakultas-fakultas UI saat ini berada.

Adapun lirik Genderang UI pada saat ini:

Universitas Indonesia
Universitas Kami
Ibukota Negara
Pusat Ilmu Budaya Bangsa

Kami Mahasiswa
Pengabdi Cita
Ngejar Ilmu Pekerti Luhur
Tuk Nusa dan Bangsa

S'mangat Lincah Gembira
Sadar Bertugas Mulia
Berbakti dalam Karya
Mahasiswa

Universitas Indonesia
Perlambang Cita
Berdasarkan Pancasila Dasar Negara
Kobarkan Semangat Kita
Demi Ampera

Namun lagi dan lagi, nampaknya Genderang UI akan kembali mengalami perubahan. Presiden Joko Widodo sudah mantap membangun ibukota baru di Kalimantan, dan tentunya tidak mungkin UI ikut berpindah hanya demi mempertahankan kalimat "Ibukota Negara", bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2