Mohon tunggu...
Satria Widiatiaga
Satria Widiatiaga Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Alam

Guru di Sekolah Alam Aminah Sukoharjo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Model Pahlawan Zaman Sekarang

9 November 2023   05:15 Diperbarui: 9 November 2023   05:48 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bibit-Bibit Para Pahlawan : Dokpri

Di saat situasi kelas sudah mulai jenuh, terkadang para murid senang mendengarkan cerita-cerita sejarah kemerdekaan Indonesia dari saya. Mereka senang menyimak kisah-kisah kepahlawanan para pejuang di masa itu ketika merebut kemerdekaan dari penjajah.

Kebetulan saya pun penggemar berat pelajaran sejarah dari jaman pelajar dulu, walau kini bukan seorang guru sejarah. Jadi ketika disuruh menceritakan atau membicarakan topik sejarah, sungguh suatu hal menyenangkan bagi saya.

Bicara tentang sejarah kemerdekaan Republik ini, tentunya tak lepas dengan kisah kepahlawanan para pejuang-pejuang kita baik yang berjuang secara fisik maupun pemikiran. Kisah-kisah heroik mereka tentunya sangatlah baik untuk diceritakan dan dibahas untuk para peserta didik, agar bisa menjadi inspirasi bagi mereka dalam berkehidupan bagi bangsanya.

Namun bagi seorang guru yang bijak, tidaklah hanya sekedar menceritakan saja fakta-fakta sejarah tersebut. Karena jika demikian, lembaran-lembaran sejarah tersebut tak lebih seperti kisah dongeng sebelum tidur.

Maka bagi sebagian besar pelajar, kisah-kisah sejarah terasa seperti hal yang membosankan, dikarenakan mereka hanya melihat masa lalu yang sama sekali berbeda dengan yang lihat sekarang. Adalah tugas guru untuk mencari korelasi sejarah masa lalu dengan kondisi kekinian.

Seperti nilai-nilai kepahlawanan yang tersirat pada setiap kisah-kisah para pahlawan nasional. Jika kita hanya menceritakan begitu saja, maka yang muncul dalam benak mereka, pahlawan itu ya seperti Pangeran Diponegoro dengan kerisnya melawan penjajah, Jenderal Sudirman dengan gerilyanya atau Agus Salim dengan kemampuan negoisasinya.

Artinya mereka hanya melihat pahlawan dengan masalah-masalah masa lalunya, mereka tidak bisa meresapi bahwa mereka pun bisa menjadi pahlawan masa kini. Model pahlawan masa kemerdekaan identik dengan perjuangan fisik atau pergerakan melawan penjajah. Tentunya sangatlah berbeda dengan apa yang harus diperjuangkan di masa sekarang.

Maka dari itu kita harus memberikan beberapa jenis atau model pahlawan di jaman sekarang secara spesifik yang kiranya bisa 'diperjuangkan' atau dicita-citakan oleh para pelajar kekinian. Berikut kiranya beberapa model pahlawan masa kini

Kepedulian Sosial Yang Tinggi

Adalah pahlawan yang berjuang dalam bidang kepedulian sosial antar sesama. Mengingat kondisi masyarakat jaman sekarang yang mulai individualistik, maka diperlukan para pemuda-pemuda yang peka terhadap masalah-masalah sosial di sekitarnya.

Kondisi masyarakat yang mulai cenderung urban, menuntut kesadaran sosial oleh para pemudanya agar supaya ketika ada masalah-masalah sosial muncul ke permukaan, maka disitulah akan muncul sosok-sosok pahlawan yang menyelesaikan masalah itu.

Sebagai contoh masalah kemiskinan, maka para guru bisa mengedukasi muridnya dengan praktek langsung 'outing class' memberikan bantuan ke kantung-kantung kemiskinan atau panti asuhan di sekitar sekolah. Sehingga akan membentuk kesadaran sosial dalam alam bawah sadar mereka, maka kelak jika dewasa, diharapkan bisa berjuang mengentaskan kemiskinan dengan cara mereka sendiri.

Kepedulian Terhadap Lingkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun