Mohon tunggu...
Salsabila Athalia
Salsabila Athalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tugas KKN UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan dan Penguatan Pembelajaran Secara Daring

26 Juli 2021   11:35 Diperbarui: 26 Juli 2021   12:00 106 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan dan Penguatan Pembelajaran Secara Daring
dokumentasi pribadi

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia telah berlangsung selama lebih dari satu tahun di Indonesia. Pandemi ini mengakibatkan dampak di berbagai bidang kehidupan termasuk di dalam bidang pendidikan. Kegiatan pendidikan menjadi terhambat dan tidak bisa dilaksanakan seperti sedia kala.

Dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 secara masif, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan agar kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring). Kegiatan pembelajaran daring ini telah dilakukan satu tahun lebih lamanya baik dari jenjang TK hingga universitas.

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu universitas yang mengadakan kegiatan pembelajaran secara daring. Begitu pula dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa semester 6 yang diadakan pada tahun 2021 ini. Kegiatan KKN yang dilaksanakan salah satunya bertemakan membangun desa melalui bidang pendidikan. KKN ini sebagai bentuk kontribusi UPI dalam menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19.

Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangung Desa Melalui Bidang Pendidikan Dan Ekonomi Dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN TEMATIK MDBPE-MBKM) gelombang 1 diadakan dari tanggal 3 Juli hingga 3 Agustus 2021 dan diikuti oleh 3000 Mahasiswa UPI.

Raden Roro Salsabila (1801154) merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di bidang pendidikan di SDN Munggang Saluyu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kegiatan KKN yang sudah dijalankan yaitu membantu administrasi sekolah dengan mendata Nama, Tempat Tinggal dan Alamat Siswa. Kemudian melakukan pendampingan pembelajaran daring bagi guru dengan mendata kesulitan yang dialami selama pembelajaran online. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu pendampingan dan penguatan pembelajaran daring kepada siswa dan orang tua melalui aplikasi Whatsapp. Salah satunya adalah dengan memberikan informasi website belajar gratis yang bisa diakses oleh siswa dan orangtua. Selain itu juga memberikan informasi dan tips belajar di rumah dalam bentuk poster edukasi dan video-video animasi.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Dengan adanya kegiatan KKN Tematik ini diharapkan dapat memberikan bantuan dalam menghadapi kesulitan dan hambatan pembelajaran online bagi guru, siswa dan orang tua.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x