Mohon tunggu...
Raisya NadiraRama
Raisya NadiraRama Mohon Tunggu... Full Time Blogger - pelajar

Labs

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ringkasan Buku Raditya Dika

14 Februari 2019   09:27 Diperbarui: 14 Februari 2019   10:02 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Menulis buku yang bagus bukanlah hal yang mudah, banyak pertanyyan mengenai bagaimana cara menulis buku yang bagus. Karena itulah Raditya Dika sang penulis handal membuat bukunya yang berjudul "Rahasia Menulis Kreatif" dan karena buku itulah saya disini untuk meringkas bukunya itu. Untuk membuat sebuah buku tentu membutuhkan banyak tahap dan proses. 

Awal-awal kita menjadi murid hingga di akhir kita menjadi guru itulah yang terjadi pada radiya dika. Di buku ini dia bukan mengajarkan cara untuk menulis tapi dia  "mengajarkan" rahasianya dalam menulis buku maupun skenario.Dalam buku ini, dibagi tiga bagian, yaitu, persiapan sebelum menulis, dasar-dasar menulis kreatif, dan setelah menulis. Mari kita mulai dari awal.

Banyak calon penulis yang tidak mempersiapkan hal dulu sebelum menulis. Mereka biasanya mendapat ide dan langsung menulis di laptop mereka masing-masing. 

Ada juga penulis skenario yang menemukan ide dan langsung menulis tapi berhenti di tengah-tengah karena tidak tau apa lanjutan ceritanya dan menyimpannya sja, banak hal seperti ini terjadi karena mereka kurang persiapan. Menulis buku harus memiliki banyak persiapan agar prosesnya bisa berjalan lancar, seperti lari marathon. 

Proses mempersiapkannya harus lebih lama daripada proses permbuatan bukunya agar bisa lebih lancar. Pertama, kita harus menggali ide. Tetapi, mendapatkan ide adalah hal yang susah karena ide tidak muncul dengan sendirinya. 

Ide bisa saja muncul dari kegelisahan. Dari mendapat ide kita bisa mengubah ide menjadi premis atau sinopsis seperti film titanic yang menceritakan seorang laki-laki jatuh cinta pada seorang wanita di atas kapal yang akan tenggelam. Lalu, seperti flm laskar pelangi yang menceritakan tentang seorang anak laki-laki di daerah terpencil yang memiliki cita-cita yang besar.

Setelah membuat ide kita harus mebuat karakter untuk buku tersebut. Cara membuat karakter itu dengan memberikan umur,hobi,makanan favorite. Setelah itu mebuat tentang act, itu seperti membuat tahap2 cerita tersebut. Lalu, setelah itu final check. Lalu, setelah itu kita membuat first line yaitu kalimat utama yang menjelaskan tentanf inti kalimat tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun