Mohon tunggu...
Sastri Azizah
Sastri Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - hanya manusia biasa

halo saya sastri azizah, salam kenal yaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKNT UPI: Upaya Meningkatkan Literasi Baca Tulis Siswa di Era Pandemi

17 September 2021   20:09 Diperbarui: 17 September 2021   20:18 111 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKNT UPI: Upaya Meningkatkan Literasi Baca Tulis Siswa di Era Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi menjadi hal yang paling banyak dibicarakan sejak munculnya di Indonesia pada  awal Maret Tahun 2020 sampai saat ini. Pemerintah Indonesia pun mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai penularan pandemi Covid-19. Salah satunya adalah penerapan kebijakan social distancing, dimana warga harus menjalankan seluruh aktivitas di rumah, seperti bekerja, belajar, termasuk dalam melaksanakan ibadah. Hal tersebut menyebabkan segala aktivitas terganggu  termasuk dampaknya pada sejumlah sektor.

Imbas dari peristiwa pandemi Covid-19 ini, salah satu sektor  yang mengalami perubahan signifikan yaitu sektor pendidikan. Pembelajaran  yang sebelumnya bertatap muka dilakukan melalui daring atau online. Akibat perubahan  pembelajaran tersebut, banyak siswa yang mengalami penurunan semangat belajar, salah satunya semangat siswa terhadap literasi  yang menurun.

Pengembangan dan penguatan karakter serta kegiatan literasi menjadi salah satu unsur penting dalam kemajuan sebuah negara dalam menjalani kehidupan di era globalisasi. Forum Ekonomi Dunia 2015 telah memberikan gambaran tentang keterampilan abad ke-21 yang sebaiknya dimiliki oleh seluruh bangsa di dunia. Keterampilan tersebut meliputi literasi dasar, kompetensi, dan karakter.

Untuk membantu meningkatkan  literasi siswa di Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional yang diselenggarakan selama satu bulan mulai tanggal 26 Agustus - 26 September 2021, dimana kegiatan tersebut dilakukan secara daring untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Pelaksanaan  KKNT tersebut, dilakukan oleh mahasiswa UPI di daerahnya masing-masing. Sastri Azizah, seorang mahasiswi program studi Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia dari kelompok 14 yang dibimbing oleh Bapak Risris Hari Nugraha.M.Hum.,  melaksanakan kegiatan KKNT di SD Negeri Bulupayung 02, dengan memanfaatkan ebook cerita rakyat yang di unduh dari internet guna meningkatkan literasi baca tulis siswa.

Kemampuan literasi membaca dan menulis  merupakan landasan bagi penguasaan semua ilmu pengetahuan. Dengan literasi membaca dan menulis  maka dapat memahami secara analitis, kritis dan reflektif pada teks bacaan. Literasi membaca dan menulis  tidak hanya berkaiatan dengan pengetahuan dan ketrampilan namun juga motivasi, sikap, dan perilaku.  Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan minat literasi baca tulis siswa di SD Negeri Bulupayung 02.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan