Mohon tunggu...
Saskya Veronika Cleopatra
Saskya Veronika Cleopatra Mohon Tunggu... Guru - Mengajar adalah kontribusi bagi bangsa.

Belajar adalah perjalanan panjang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) pada Masa Pandemi

29 Maret 2021   18:47 Diperbarui: 29 Maret 2021   19:05 271 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memompa semangat belajar siswa pada masa pandemi tidaklah gampang. Pihak guru dan sekolah harus mengupayakan agar siswa tetap suka dengan aktivitas belajar. 

Salah satu tujuan pembelajaran  yang sulit dicapai pada masa pandemi ini adalah interaksi para siswa dalam proses belajar. Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) dapat menjadi salah satu solusinya.

Hari ini (Senin, 29 Maret 2021), Sekolah Mutiara Nusantara yang berlokasi di Bandung Barat mengadakan pembelajaran kolaboratif secara daring. Proses pembelajaran kolaboratif yang dilaksanakan melibatkan seluruh siswa dan para pendidik di sekolah tersebut. Sebagian besar siswa--secara berkelompok bertugas untuk melakukan percobaan, penelitian, pengamatan, dan mempersiapkan powerpoint untuk disajikan kepada seluruh siswa dan guru. Adapun topik yang dibahas, yaitu sains makanan (food science), sains lingkungan (environmental science), sains seni (arts science), dan sains olahraga (sport science).

Keempat topik ini disajikan dengan sangat menarik. Seluruh presentasi dari siswa disampaikan dari berbagai bidang ilmu, misalnya biologi, kimia, bahkan ekonomi. Salah satu contohnya, kelompok yang menyajikan presentasi tentang sains seni (arts science) perlu menyampaikan tentang dampak musik terhadap hormon endorfin dan dopamin pada tubuh manusia. Di samping itu, mereka perlu menyampaikan rumus kimia hormon tersebut sampai menghubungkannya dengan dampak di bidang ekonomi yang dapat ditimbulkannya. Sungguh, penyajian yang sangat menarik!

Di samping membangun kerja sama yang baik di antara siswa, proses pembelajaran kolaboratif ini pun dapat membuka/ memperluas wawasan siswa dalam memandang suatu hal dari berbagai aspek/ bidang keilmuan.

Rangkaian acara ini diselingi dengan tanya jawab pada setiap akhir presentasi kelompok. Seluruh siswa dan guru yang tidak terlibat sebagai presentator dan panitia --dengan menggunakan aplikasi pemilihan secara random diberi kesempatan untuk bertanya. Hal ini membuat suasana pembelajaran menjadi lebih aktif karena tidak ada seorang pun yang tidak berkontribusi dengan jalannya acara tersebut.

Para guru yang mengajar bidang-bidang tersebut juga telah dipilih oleh panitia untuk memberikan apresiasi dan masukan kepada setiap kelompok.

Untuk mengadakan acara ini, memang dibutuhkan kerja sama beberapa guru sebagai panitia agar seluruh rangkaian acara berlangsung dengan baik dan menarik. Kiranya para guru mendapatkan lebih banyak inspirasi lainnya dalam mengadakan proses pembelajaran yang menggugah semangat dan motivasi belajar siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan