Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa
Â
Dibuat oleh : Satira Luthfia Zahra Susilo (2201840)
1A Pendidikan MultimediaÂ
Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah cibiru
Akhir tahun 2019 menuju tahun 2020 merupakan tahun yang istimewa.Dikatakan istimewa karena munculnya pandemi covid-19.Covid-19 merupakan singkatan dari Coronavirus Desease-19. Virus corona merupakan sebuah jenis virus baru yang pertama kali ditemukan di Wuhan China. Kasus covid-19 yang terjadi di Wuhan terjadi pada awal bulan desember 2019 dimana ditemukan satu pasien pneumonia yang tidak biasa.Â
Setiap aspek kehidupan global telah berubah akibat Covid-19, termasuk pendidikan, politik, ekonomi, kehidupan sosial, dan budaya. Virus corona/covid-19 tiba-tiba menimbulkan banyak hambatan dalam perjalanan kehidupan ekonomi, yang sebelumnya awalnya berjalan dengan baik.
Pembelajaran Daring dilaksanakan sesuai dengan Surat edaran dari Kemendikbud RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disese (Covid-19) serta mengikuti edaran dan himbauan dari Pemerintah Daerah masing-masing.Â
Siswa belajar di rumah masing-masing sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk memerangi penyebaran virus Corona. Sekolah dan perguruan tinggi mulai menyelenggarakan kegiatan pembelajaran daring yang memanfaatkan media daring, gawai, dan jaringan internet yang handal.Â
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah memerintahkan perguruan tinggi untuk menyelenggarakan kuliah atau pembelajaran daring sebagai pengganti kuliah tatap muka secara daring (Surat Edaran Kemendikbud Dikti No. 1 tahun 2020). Perguruan tinggi dituntun untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring atau online.
Tidak jauh berbeda dengan dunia pelatihan. Acara ini juga berdampak pada pendidikan. Pembatasan sosial seperti tidak boleh berkerumun dan membatasi aktivitas di luar rumah akan selalu berdampak besar pada dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.Â