Mohon tunggu...
Sasa SNS
Sasa SNS Mohon Tunggu... My Account

SILIWANGI UNIVERSITY

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Indonesia Menang di Era Perdagangan Bebas

2 Juni 2020   09:41 Diperbarui: 2 Juni 2020   09:32 27 1 0 Mohon Tunggu...

Secara garis besar, perdagangan bebas merupakan suatu pasar yang dimana para penjual dan para pembeli memiliki kebebasan penuh dalam memutuskan masalah perdagangan dan juga bisnisnya. Di sisi lain, meskipun namanya pasar bebas, sebenarnya tidak benar-benar bebas, terdapat beberapa aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak. Maka, muncul lah suatu persaingan dagang yang sangat ketat baik antara individu ataupun perusahaan yang berada di Negara yang berbeda yakni yang kita kenal dengan istilah ekspor dan impor atau proses penjualan dan proses pembelian yang dilakukan antar Negara.

Dewasa ini, menjadi sebuah kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap Negara, tidak terkecuali Indonesia. Akankah Indonesia menang di era perdagangan bebas? Akankah Indonesia mampu bersaing? Nah, kata "Bersaing" disini yang harus digaris bawahi. Seharusnya Indonesia bisa dan mampu, dimana Indonesia merupakan Negara yang besar dengan Sumber Daya yang melimpah, dan tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia dapat bersaing dengan Negara-negara besar lainnya. 

Permasalahannya disini apakah Sumber Daya Manusianya yang siap bersaing? Dengan kata lain, SDM disini minimal harus sama dengan SDM di Negara lainnya. SDM disini yang harus mampu beradaptasi dengan SDM lainnya. Jangan sampai, ketika SDM Negara lain sudah jauh memanfaatkan teknologi, Indonesia masih berkutik dengan manualnya. 

Kuncinya antara Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Teknologi harus sinkron dan seimbang untuk dapat masuk ke Perdagangan Bebas. Percuma saja salah satu dari komponen tersebut tidak ada, bangsa kita akan tertinggal. Sebagai anggota masyarakat dunia, Indonesia pasti tidak dapat dan tidak akan mengasingkan diri dari pergaulan Internasional, terutama dalam perdagangan bebas. Ketiga kunci tersebut diyakini bahwa sebuah Negara akan mampu bersaing dan bertahan di era Perdagangan Bebas ini.

Andaikata terasingkan pun, tentunya Indonesia tidak akan mampu memenuhi segala kebutuhannya sendiri, maka dari itu Kerjasama antara Negara satu dengan Negara lainnya juga merupakan komponen penting, dimana akan terjadi suatu hubungan baik dan menciptakan ketergantungan karena saling membutuhan dan melengkapi kekurangan antara satu Negara dengan Negara lainnya.

VIDEO PILIHAN