Mohon tunggu...
Nur Annisa Hamid
Nur Annisa Hamid Mohon Tunggu... Wiraswasta - blogger dan content creator

seorang wanita yang hobi travelling, menulis dan menyukai anak-anak selalu berfikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jadi Live Streamer Lebih Lancar dengan IndiHome

5 Juli 2022   23:15 Diperbarui: 5 Juli 2022   23:28 98 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejak setahun terakhir saya menjalani profesi baru yaitu live streamer di aplikasi Goplay yang merupakan buatan Indonesia. Pekerjaan ini merupakan hal yang baru buat saya karena selama pandemi aktivitas sebagian besar di rumah maka butuh kreativitas baru supaya bisa berkarya sekaligus menghasilkan uang. Maka saya mencoba hal baru yaitu live streaming review makanan selama 30 menit lalu sekarang review film selama 45 menit.

Live streaming ini bisa dilakukan dimana saja misalnya dari rumah, kantor, kafe, restoran, hotel bahkan warung tenda. Modal yang diperlukan untuk live streaming ialah keberanian untuk berbicara depan kamera, kemauan untuk belajar hal baru, tripod, microphone, telepon genggam dan internet yang stabil. Karena sinyal internet yang stabil berpengaruh saat live streaming agar host dan penonton bisa berkomunikasi sampai selesai. 

Berdasarkan pengalaman saat live streaming seringkali tersendat di tengah acara karena sinyal internet yang tidak lancar sehingga host harus mengulang acara dari awal dan selesai jadi lebih lama dari jadwal seharusnya. Untuk itu saya saat akan mereview persiapan yang matang perlu dilakukan mulai dari materi, gambar atau foto, tempat yang tenang dan internet cepat juga stabil dengan IndiHome supaya bisa menyampaikan informasi dengan lancar. 

Mengenai internet menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia terus naik dari 175 juta pemakai menjadi 220 juta pengguna pada 2022. Kenaikan tersebut didorong kebutuhan komunikasi selama pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Ini artinya internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berbagai aktivitas seperti belajar, sekolah, belanja, bekerja, konsultasi dengan dokter, membeli obat, berinvestasi, memberikan donasi dan mendapatkan hiburan. 

Sedangkan layanan internet fixed broadband IndiHome masih menjadi provider yang banyak digunakan sebanyak 67,54% di tahun 2022. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bahwa produk Telkom Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri juga mempersatukan masyarakat dari Sabang sampai Merauke walaupun hanya dari rumah. 

Potensi inilah yang membuat profesi live streamer kini menjadi populer karena banyak platform yang menyediakan fitur ini mulai dari instagram, tiktok, shopee, goplay, idn live, snack video dan lainnya. Karena orang butuh hiburan yang mudah diakses dari layar ponsel, laptop, komputer sehingga menonton streaming kini sudah banyak dilakukan dari anak-anak sampai dewasa. 

Ini adalah bukti manfaat internet bisa menjadi sesuatu yang produktif bagi banyak orang. Jadi sekarang gak perlu pusing bagaimana mencari nafkah saat pandemi karena peluang yang ada di sekitar sudah ada tinggal semangat untuk mencoba dan terus belajar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan