Mohon tunggu...
Nur Annisa Hamid
Nur Annisa Hamid Mohon Tunggu... Wiraswasta - blogger dan content creator

seorang wanita yang hobi travelling, menulis dan menyukai anak-anak selalu berfikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Upaya Meningkatkan Literasi Gizi dengan Zuzhu dan Zazha

5 Oktober 2019   20:52 Diperbarui: 5 Oktober 2019   21:02 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kondisi balita Indonesia yang masih butuh peningkatan kualitas gizi menjadi tanggung jawab bersama agar anak-anak bisa mendapatkan nutrisi yang sehat. Berdasarkan riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan tahun 2018 menunjukkan 3,9 % masih mengalami gizi buruk dan 13,8 % mengalami gizi kurang. 

Butuh dukungan berbagai pihak mulai dari orang tua untuk memperhatikan gizi makanan dari dalam kandungan sampai tumbuh dewasa. Karena jika anak-anak dapat tumbuh sehat dan kuat maka akan menjadi pemimpin yang hebat di masa mendatang. 

Kurangnya literasi gizi bagi anak-anak dan orang tua membuat peluang bagaimana mengajarkan memilih minuman yang sehat, enak dan harga terjangkau bagi masyarakat. Bonus demografi yang akan terjadi Indonesia bisa menjadi tantangan karena ada generasi alfa yang harus diedukasi dengan menggunakan teknologi karena sejak lahir mereka sudah dekat dengan teknologi.

Oleh karena itu Frisian Flag Indonesia salah satu produsen susu anak-anak memperkenalkan karakter animasi edukatif yaitu Zuzhu dan Zazha pada dua kemasan 115  dan 180 ml serta dua rasa yaitu strawberry atau cokelat. 


Karakter Zuzhu dan Zazha terinspirasi dari tetesan susu dengan karakter cerdas dan kreatif akan hadir juga dalam bentuk e-comic dan film animasi pendek agar anak-anak bisa mengetahui pentingnya minuman sehat bagi pertumbuhan mereka. 

dokpri
dokpri
Hadirnya Zuzhu dan Zazha disambut antusias animator Indonesia yaitu Bambang Gunawan Santoso karena bertujuan membiasakan pola hidup sehat dengan cara interaktif dengan visual dan warna yang cerah. Cerita yang sederhana tanpa menggurui diharapkan memudahkan orang tua mengkomunikasikan memilih jajanan yang sehat pada anak-anak. 

Mengapa media animasi yang dipilih oleh Frisian Flag Indonesia ? Karena menurut Putu Andani seorang psikolog karena saat ini anak-anak banyak mengakses internet menonton video animasi rata-rata 2-3 jam. Bahkan selain orang tua dan guru yang mempengaruhi karakter anak adalah tontonan yang dikonsumsi. 

Untuk itulah penting menghadirkan karakter animasi yang memiliki pesan moral positif agar dapat memberikan karakter yang baik pada anak. Animasi atau komik dapat menarik anak-anak belajar jika memiliki audio, visual dan cerita yang menarik. 

Selain itu dengan hadirnya Zuzhu dan Zazha dapat  membantu pemerintah mengurangi literasi gizi yang rendah dengan menanamkan pentingnya gizi secara sederhana kepada anak-anak. 

Saat peresmian karakter Zuzhu dan Zazha tanggal 29 September 2019 di TMII, pak Andrew Saputro Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia bekerja dengan jaringan ritel yang memiliki banyak cabang di Indonesia yaitu Alfamart. 

dokpri
dokpri
Bersama Alfamart Frisian Flag mengadakan lomba menggambar dan mewarnai serentak tujuh kota dengan peserta tujuh ribu orang di Indonesia yang mendapat penghargaan dari MURI atau Museum Rekor Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun