Mohon tunggu...
Saryanto Jaken
Saryanto Jaken Mohon Tunggu... Pen
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Follow

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Istimewa, Ada Tradisi Siraman Bunga di Kodim Pati

2 September 2019   08:48 Diperbarui: 2 September 2019   09:43 17 1 0 Mohon Tunggu...
Istimewa, Ada Tradisi Siraman Bunga di Kodim Pati
Dandim pati Letkol Arm.Arief Darmawan S.Sos sebagai Irup dalam Upacara Bendera di halaman Makodim Pati (foto Agus) 

Pati - Bertempat di halaman Kodim 0718/pati telah dilaksanakan kegiatan Upacara bendera hari senin tanggal 02 September 2019 dirangkai dengan acara Korps raport MPP dan pindah kesatuan.

Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan kesuma Bangsa, selain itu juga untuk memberi contoh kepada masyarakat tentang pentingnya menumbuhkan serta memupuk rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama bagi para generasi penerus Bangsa.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Komandan Kodim 0718 pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos.

Setelah kegiatan Upacara bendera, acara dirangkai dengan tradisi kesatuan Kodim 0718/Pati dalam melepas anggotanya yang sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP), melepas anggota yang pindah kesatuan dan penyerahan piala kepada kontingen perwakilan dari Kodim pati dalam lomba komsos kreatif tingkat Korem 073 dan pemenang lomba pencak silat SHT tingkat Kabupaten Pati.

Tradisi yang sudah dilaksanakan  secara turun temurun berupa penyerahan piagam serta penyiraman air bunga ini merupakan wujud perhatian serta penghormatan dari kesatuan atas jasa-jasa serta pengabdian anggotanya.

Tradisi siraman bunga untuk melepas anggota yang MPP dan pindah kesatuan  (foto Agus) 
Tradisi siraman bunga untuk melepas anggota yang MPP dan pindah kesatuan  (foto Agus) 
Dalam amanah yang disampaikan Komandan Kodim 0718 pati mengatakan, "Saya mengucapkan terimakasih kepada ananda Krysna Yudha Maulana siswa SMK Tunas Harapan Pati yang telah berhasil menyabet juara pertama melukis tingkat Korem 073/Makutarama di Salatiga,"ucap Arief.
"Karena persiapan yang mendadak dalam waktu yang sempit sehingga belum mampu untuk menjadi yang terbaik dalam mewakili Korem 073 lomba ditingkat Kodam di Semarang,"

"Saya juga berterimakasih kepada grup musik keroncong lapak dari Juwana diwakili sdr. Anang Joko Triyanto yang berhasil mendapatkan juara dua dalam lomba komsos kreatif tingkat Korem 073, serta dari keluarga Prajurit an. Dian Marsudiono yang berprestasi meraih medali perak dan perunggu dalam kejuaraan pencak silat usia dini SHT tingkat Kabupaten Pati," pungkasnya.

Penyerahan Tropi serta piagam kepada para pemenang lomba komsos kreatif tingkat Korem 073/Mkt (foto Agus) 
Penyerahan Tropi serta piagam kepada para pemenang lomba komsos kreatif tingkat Korem 073/Mkt (foto Agus) 
Diahir amanatnya, Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada anggota yang MPP terhadap pengabdianya selama bertugas di Kodim Pati, serta mengucapkan selamat kepada anggota yang pindah kesatuan.

Dalam Kesempatan itu Dandim pati menyiramkan air bunga kepada anggota yang MPP dan pindah kesatuan serta memberikan ucapan selamat dan bersalaman diikuti seluruh anggota Kodim Pati, dan dipenghujung acara dilaksanakan menyerahkan piala serta piagam kepada kontingen perwakilan lomba komsos kreatif tingkat Korem 073.(Snpt/Pendim)

VIDEO PILIHAN