Mohon tunggu...
Saryanto Jaken
Saryanto Jaken Mohon Tunggu... Pen

Follow

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lomba Musik Jalanan dan Tari Kreasi Hari Ini Dibuka Kasdim Pati

20 Agustus 2019   15:24 Diperbarui: 20 Agustus 2019   15:37 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lomba Musik Jalanan dan Tari Kreasi Hari Ini Dibuka Kasdim Pati
Salah satu penampilan para Pemusik jalanan saat lomba yang digelar kodim pati hari ini (foto muhdi) 

Pati -- Dalam rangka program pembinaan teritorial diwilayah serta memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tujuan menggali potensi yang berada diseluruh wilayah Kabupaten Pati serta sebagai ajang berkreasi mewadahi kreativitas masyarakat dan pelajar, hari ini selasa 20 Agustus 2019 dilaksanakan kegiatan Komunikasi  dan Sosial kreatif Kodim 0718/Pati di Aula Suluh Bakti Kodim 0718/Pati yang dipimpin langsung oleh Kasdim Pati Moch. Solihin, S. Ag, M.Si.

Kasdim Pati serahkan piala, piagam dan uang pembinaan kepada pemenang lomba tari kreasi | dokpri
Kasdim Pati serahkan piala, piagam dan uang pembinaan kepada pemenang lomba tari kreasi | dokpri
Kegiatan lomba Komsos Kreatif yang diadakan oleh Kodim 0718/Pati ini diikuti oleh peserta yang dikirim dari 21 koramil dijajaran Kodim 0718/Pati.

Sedangkan jenis lomba yang dipertandingkan dalam Komsos kreatif ini adalah Tari kreasi perjuangan dan lomba pemusik Jalanan.

Untuk lomba tari kreasi perjuangan adalah untuk kategori pelajar tingkat SLTA sedangkan lomba pemusik jalanan adalah untuk umum, yang pesertanya adalah grup pengamen serta pemusik jalanan diwilayah kabupaten Pati.

Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholikin S.Ag. M.Si, saat membuka kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan komsos ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun, dan jenis kegiatan lomba juga berbeda dalam tiap tahunya.

"Sesuai dengan tema Komsos kreatif hari ini, dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat berkreatifitas dan berkarya, serta menjadi generasi penerus yang kreatif, cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara," ujarnya.

"Dengan Komsos kreatif ini pula, kami mengajak para adik-adik generasi muda untuk semakin cinta kepada budaya kita sendiri, cinta kepada tanah air serta berwawasan kebangsaan,"

Kasdim menambahkan, bahwa lomba tari dan pemusik jalanan  ini sebagai ajang untuk menjaring bakat generasi muda di wilayah Kabupaten Pati,  "Disamping itu juga untuk menjaring bakat-bakat generasi muda," tambahnya.

Perlombaan yang dimulai pada pukul 09.00 wib di aula kodim pati tersebut terlebuh dahulu menampilkan performa dari peserta tari kreasi dari masing -masing wilayah sekabupaten Pati setelah itu baru dilanjutkan lomba music jalanan yang diikuti oleh para pengamen serta pemusik jalanan di wilayah Kabupaten Pati.

dokpri
dokpri
Dari hasil penilaian tiga orang juri tari kreasi yang terdiri dari Kapten Inf Kusmiyanto, Tantin Hermawati, Dwi Yuni astuti memutuskan untuk para pemenang  Juara I : Sanggar Tari SMK 1 Pati, Juara II : Sanggar Tari SMK Kesuma Margoyoso, Juara III : Sanggar Tari SMK Islam Tuan Sokolangu, Juara Harapan I : Sanggar Tari SMA 1 Batangan, Juara Harapan II : Sanggar Tari SMK Alfalah Winong.

Sedangkan untuk lomba pemusik jalanan dengan juri Dr. Putut Sulasmino, Erwina R, S.Pd dan kapten Inf Mujimo memutuskan untuk Juara I  Tim kawedanan Juwana Group Keroncong Lapak , Juara II : Tim Kawedanan Pati Group Congyang , Juara III : Tim Kawedanan Pucakwangi Group Putra Benawa, Juara Harapan I : Tim Kawedanan  Tayu Group Putra Puanjal dan Tim Kawedanan Kayen mengundurkan diri dikarenakan alat musik belum siap.

Kegiatan lomba Komsos kreatif lomba tari kreasi serta musik jalanan diakhiri dengan acara penyerahan Tropi, piagam dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Kasdim pati.(Snpt/pendim)