Mohon tunggu...
Sarwi Asri
Sarwi Asri Mohon Tunggu... Dosen - Ibu

Seorang ibu yang juga merupakan seorang pengajar

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tim Pengabdian FT UNNES Berikan Inovasi Mesin Penimbang Beras Otomatis

1 Desember 2022   10:32 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:34 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Pengabdian FT UNNES Berikan Inovasi Mesin Penimbang Beras Otomatis

Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT UNNES) Sarwi Asri, M.Pd. dan tim pengabdian kepada masyarakat mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung inovasi pada bidang pertanian dan perdagangan yang berlangsung pada 26 Agustus 2022 lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan produktivitas yang muncul dari mitra usaha yaitu kelompok masyarakat di Kelurahan Wlahar Wetan Kabupaten Banyumas. Mitra usaha yang menjadi sasaran kegiatan pengabdian ini adalah kelompok masyarakat yang bergerak di bidang pertanian dan perdagangan. Mitra usaha mempunyai permasalahan dalam proses penimbangan dan pengemasan beras. Penimbangan beras membutuhkan waktu lama dan adanya kekhawatiran ketidakpresisian hasil timbangan.

Luaran dalam kegiatan ini adalah penerapan teknologi tepat guna berupa mesin penimbang beras otomatis yang efisien dan presisi dengan konsumsi daya yang sesuai dengan pasokan listrik rumah tangga. Daya listrik 450 Watt sudah mampu untuk menjalankan teknologi mesin penimbang beras otomatis ini. Cara kerja mesin dapat disaksikan melalui: Video Mesin Penimbang Otomatis

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diawali dengan kegiatan survei untuk menentukan kebutuhan mitra, perancangan dan fabrikasi mesin, pelatihan penggunaan mesin, dan penerapan mesin penimbang beras otomatis pada mitra. Menurut Sarwi Asri, ketua tim pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu meningkatkan produktivitas mitra. Baik dari segi kualitas dan kuantitas hasil timbangan beras. Meningkatnya kuantitas dan kualitas hasil timbangan beras secara tidak langsung mampu meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan pada mitra usaha.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun