Mohon tunggu...
Sarotun Romlah
Sarotun Romlah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pecinta olahraga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Era Covid-19: "Mengabdi di Desa Sendiri"

3 Agustus 2020   01:09 Diperbarui: 3 Agustus 2020   01:01 17 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Era Covid-19: "Mengabdi di Desa Sendiri"
Kegiatan di posko satgas Covid-19 kelurahan kecila

Banyumas -- Wabah covid-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi, membuat aktivitas masyarakat terganggu. Masyarakat dianjurkan tetap di rumah untuk menghindari penularan covid-19. 

Kebijakan tersebut membuat Universitas Sebelas Maret (UNS) memberlakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, LPPM selaku pihak penyelenggara KKN, mengubah kebijakan sistem KKN. 

Tahun 2020, KKN dilakukan secara daring di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Jika pelaksanaan KKN biasanya dilakukan secara berkelompok, KKN UNS era Covid-19 dilakukan secara individu.

Sarotun Romlah, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UNS melaksanakan kegiatan KKN di daerah tempat tinggalnya tepatnya di wilayah RT 03 RW 03 Kelurahan Kecila, Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah. Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Mei sampai 30 Juni. Sarotun masuk dalam kelompok 94 KKN UNS era Covid-19. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS, ditunjuk sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 94.

Berbagai program kerja telah dilaksanakan oleh Sarotun Romlah. Secara umum program kerja yang telah dijalankan berupa 1) sosialisasi hidup bersih dan sehat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yaitu pengadaan alat cuci tangan, pebagian handsanitaizer, penginformasian mengenai cara mecuci tangan yang benar, sosialisiasi mengenai hidup bersih menggunakan media poster, 2) program jaga posko yang meliputi kegiatan jaga posko untuk mengantisipasi adanya warga yang membutuhkan bantuan dan informasi seputar covid-19, kegiatan pembagian bantuan kepada warga yang terdampak covid-19, operasi masker, serta 3) Pendampingan pendidikan dengan kegiatan membantu Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara online. Berbagai kegiatan tersebut disesuaikan dengan 8 tema yang telah dirancang UNS.

Sosialisasi PHBS dan pembagian handsanitizer
Sosialisasi PHBS dan pembagian handsanitizer
Menurut Sarotun, pelaksanaan program kerja tersebut disesuaikan dengan siatuasi serta kebutuhan masyarakat sekitar agar kegiatan yang dijalankan dapat memberikan manfaat. Sebelum melaksanakan program kerja, Toharun selaku ketua RT 03 RW 03 Kelurahan Kecila telah menyetujui berbagai kegiatan yang dibuat oleh Sarotun. 

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu warga sekitar dalam upaya meningkakan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan penularan covid-19.

VIDEO PILIHAN