Mohon tunggu...
Dr. Sarmini
Dr. Sarmini Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Dosen

Guru dan dosen S1 : Pendidikan S2 : manajemen Pendidikan S3 : MSDM

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh PPKM dan WFH terhadap Koordinasi serta Keefektifan dalam Bekerja

22 Juli 2021   19:00 Diperbarui: 22 Juli 2021   19:22 192 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh PPKM dan WFH terhadap Koordinasi serta Keefektifan dalam Bekerja
Bekerja Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan/detik.com

Oleh : Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd

Dampak Pandemi Covid-19 di semua sektor semakin terasa, tetapi hidup harus terus berlanjut, maka tak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadi seorang survivor. Pemerintah sudah mengeluarkan PENYELENGGARAAN  PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA  PANDEMI COVID-19  yang berisi tentang : Ketentuan pokok penyelenggaraan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa  pandemi COVID-19, tugas dan tanggung jawab satuan pendidikan,  ketentuan  pembelajaran tatap muka terbatas dan sumber pendanaan.

Namun begitu, Zona merah di Kota Batam,  menjadikan kita juga harus membatasi kegiatan.  PPKM atau Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang diterapkan sejak tanggal 12 Juli 2021 hingga tanggal 20 Juli 2021 dan dilanjutkan PPKM Darurat Level 4, mulai tanggal 21 Juli hingga 2 Agustus 2021, di Kota Batam juga ikut berimbas pada ruang gerak pegawai, khususnya guru di sekolah di wilayah Kota Batam, termasuk Sekolah Islam Nabilah, tentunya.

Dengan adanya diterapkan PPKM yang akhirnya semua karyawan/pegawai diberlakukan WFH, maka ini berpengaruh terhadap  Koordinasi sesama rekan kerja dan Keefektifan Dalam Bekerja.  Dalam Koordinasi tentunya tidal selancar ketika bertemu langsung, yang akan berimbas kepada kekurang efektifan dalam bekerja.

Menurut Mulyono Biyakto Atmojo. 2001: 58 berpendapat, "Koordinasi adalah kemampuan untuk secara bersamaan melakukan berbagai tugas gerak secara mulus dan akurat tepat". Sedangkan Brian J. Sharkey 2003: 169 menyatakan, "Koordinasi mengimplikasikan hubungan yang harmonis, penyatuan atau aliran gerak yang halus dalam melakukan pekerjaan".

Keefektifan adalah ketetapan sasaran dari suatu proses yang berlangsung untuk tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya (Hendyat Soetopo 2012 : 51).

Efektivitas yakni perbandingan produktivitas dengan target, rencana ataupun suatu tolak ukur (Falih Suahedi 2010 : 108).

Menurut Robbins dalam buku Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Pegawai (2010 : 129) mendefenisikan efektifitas sebagai tingkat pencapaian organisasi jangka pendek dan jangka panjang.

Menurut Schein dalam buku Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan (2010 : 129) mendefenisikan efektifitas organisasi adalah kemampuan untuk bertahan, menyesuaikan diri dan tumbuh, lepas dari fungsi tertentu yang dimilikinya.

PPKM yang berlanjut pada system Kerja, Work From Home juga menjadi hal yang harus kita laksanakan dalam pelayanan hanya 25% yang dapat hadir di kantor. Semua aktifitas dilakukan dari rumah. Sebanyak 86 titik penyekatan jalan diberlakukan.  Di sisi lain ini merupakan mitigasi untuk memutus  lonjakan kasus Covid-19 yang mana pertanggal 21 Juli 2021, menyentuh angka 20.364, dengan angka kesembuhan 16.759, meninggal 470, dan sedang dirawat 3.135. Data ini diambil dari Satgas Covid-19 Kota Batam per tanggal 21 Juli 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN