Mohon tunggu...
Dr. Sarmini
Dr. Sarmini Mohon Tunggu... Guru dan Dosen

Guru dan dosen S1 : Pendidikan S2 : manajemen Pendidikan S3 : MSDM

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Stay Bright, Kerja, dan Liburan Akhir Pekan

29 November 2020   06:02 Diperbarui: 29 November 2020   07:12 62 5 1 Mohon Tunggu...

Akhir pekan, terdengar enak dan menyenangkan, tentunya. Bagaimana seseorang mengisi akhir pekan adalah tergantung kepada personal masing-masing. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam orang mengisi akhir pekan. Di antaranya adalah keuangan, kesibukan pekerjaan, target pencapaian, hobi, passion, dan yang paling menentukan adalah persepsi tentang akhir pekan itu sendiri dari sisi pandang seseorang.

Dalam mengisi akhir pekan pun seseorang menjadi berbeda karena faktor di atas, misalnya pergi ke pantai, santai dengan keluarga di rumah, diskusi ringan, atau melakukan hobi yang pada hari efektif tidak dapat dilakukan karena pekerjaan, seperti bersepeda, berkebun, mencoba resep masakan baru, menulis, membaca dan lain sebagainya.

Menulis misalnya, merupakan sebuah hobi atau bahkan passion seseorang yang dapat diisi membersamai saat liburan, tanpa mengurangi esensi dari liburan akhir pekan itu sendiri.

Menginap di resort dan di sela-sela refreshing tetap menulis agar kita tetap "stay bright". Bahkan saat saya menulis artikel inipun ide muncul tiba-tiba dikarenakan setelah bangun tidur dan sholat subuh di kamar resort yang letaknya di pinggiran kota. Ketika buka laptop dan ngopi yang kebetulan cangkir dari kopi yang saya minum tertulis kalimat pendek "Stay Bright ". Unik pastinya, dan cukup menggelitik untuk saya menulis sedikit tentang persepsi saya terhadap tulisan di gelas kopi saya.

Bright sendiri dalam kamus  artinya  1 cemerlang. 2 cerdas. 3 gembira. 4 terang. 5 bijaksana. 6 ringan.. Jadi Stay Bright artinya kita tetap berpikir dan dalam kondisi cemerlang dalam berpikir, memanfaatkan waktu dengan cerdas, mengisi waktu dengan gembira dan segala yang positif.

Seseorang dalam bertindak juga mencerminkan pribadi personal tersebut. Orang yang memanfaatkan waktu luang atau mengisi waktu akhir pekannya dengan Stay Bright biasanya orang yang mempunyai pemikiran yang positif, berkarakter energik, visioner, berwawasan luas, optimis , persuasif serta mempunyai karakter yang selalu on fire dalam setiap aktivitasnya.

Menarik dan menjadikan tantangan sebuah kesenangan tersendiri, bila seseorang membawa pekerjaan di akhir pekan liburannya. Tidak setiap pekerjaan harus selesai di meja kantor. Energi yang positif akan membuat karya yang unik dan menyenangkan. Pekerjaan ini tentunya harus dilakukan juga dengan menyenangkan, sehingga tidak mengurangi arti liburan akhir pekannya atau malah menjadikan kita menjadi terbebani atau bahkan badmood.

Esensi liburan akhir pekan dan pekerjaan akhirnya menjadi sesuatu yang menjadi pilihan beberapa orang agar tetap produktif di sela-sela refreshing.

Selamat menikamati liburan akhir pekan  dan tetap Stay Bright.

Penulis: Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd

VIDEO PILIHAN