Mohon tunggu...
sarmini Dr
sarmini Dr Mohon Tunggu... Dosen - Terus belajar dan tebar manfaat

Seorang yang akan terus belajar dan tebar manfaat

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kenali Potensi Diri, Explore Your Self

10 September 2022   17:57 Diperbarui: 10 September 2022   18:03 154 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Oleh Dr. Sarmini

Setiap orang mempunyai potensi berbeda antara satu dengan yang lainnya.  Apabila terus digali maka akan  muncul sebagai soft skill yang perlu dieksplor. Mengenali potensi diri merupakan salah satu cara agar dapat meraih prestasi yang terbaik. Hanya saja terkadang kita  belum tahu bagaimana cara mengenali potensi diri tersebut sehingga bisa diasah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk meraih prestasi.

Bila kita biacar tentang Potensi berarti kemampuan yang terdapat di dalam diri kita dan dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Potensi dapat juga dikatakan sebagai daya, kesanggupan atau kekuatan yang ada di dalam diri.

Supaya bisa dikembangkan secara optimal dan menghasilkan prestasi tentunya kita harus mengetahui lebih dulu apa potensi yang ada di dalam diri sendiri sebenarnya.

Apa definisi potensi menurut para ahli ? Di bawah ini ada beberapa definisi potensi menurut ahli :

1. Kata potensi berasal dari serapan dari bahasa Inggris, yaitu potencial. Artinya ada dua kata, yaitu, (1) kesanggupan; tenaga (2) dan kekuatan; kemungkinan. Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, definisi potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya.Intinya, secara sederhana, potensi adalah sesuatu yang bisa kita kembangkan. ( Majdi, 2007:86 )

2. Potensi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam didalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut. (Wiyono, 2006:37).

3. Potensi bisa disebut sebagai kekuatan, energi, atau kemampuan yang terpendam yang dimiliki dan belum dimanfaatkan secara optimal.Potensi diri yang dimaksud disini suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan dan nilai-nilai yang terkandung dalam diri tetapi belum dimanfaatkan dan diolah. (Endra K Pihadhi (2004:6)

4. Potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik. Sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri-ciri proses fisik, perilaku dan psikologis yang dimiliki. ( Sri Habsari (2005:2)

Selain pendapat di atas masih banyak lagi ahli yang mengemukakan definisi dari potensi. Tetapi penulis hanya mengambil empat diantaranya.

Lalu bagaimana kita mengetahui potensi diri kita ? Karena hal ini sangat penting, agar apa yang kita kerjakan mendapatkan hasil yang maksimal. Begitupun dalam bekerja ataupun belajar , agar mendapatkan prestasi dan mendapat pencapaian target.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan