Mohon tunggu...
Sari Wahyuni
Sari Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

5 Cara Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove

24 April 2021   15:49 Diperbarui: 25 April 2021   06:26 244 4 0 Mohon Tunggu...

Hutan mangrove adalah salah satu ekosistem hutan ini tumbuh diantara daratan dan lautan. Ekosistem hutan mangrove merupakan sumber daya alam yang memberikan banyak sekali manfaat bagi mahkluk hidup karena produktivitasnya yang tinggi serta kemampuannya memelihara alam yang baik. Selain itu, hutan mangrove juga menyediakan tempat perkembangbiakan dan pembesaran bagi beberapa spesies hewan seperti ikan, kepiting, udang dan berbagai jenis hewan lain. Akan tetapi saat ini banyak hutan mangrove yang beralih fungsi menjadi tambak, pemungkiman, industri dan penebangan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu perlunya pengetahuan bahwa hutan mangrove memiliki fungsi ekonomi tanpa menghancurkan ekosistem yang terdapat di hutan mangrove.

Cara Untuk Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove 

Hutan mangrove memiliki peran besar di dalam keseimbangan ekosistem, akan tetapi semakin hari semakin banyak oknum yang tak bertanggung jawab yang secara sengaja merusak keberadaan hutan mangrove untuk kepentingan pribadi. Pada saat ini hutan mangrove semakin terancam keberadaannya.

Untuk mengatasi kerusakan hutan mangrove, Inilah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan mangrove :

1. Melakukan Pembibitan Tanaman Mangrove

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembibitan tanaman mangrove. Pembibitan ini adalah dengan penanaman bibit di lahan pembibitan mangrove dengan bibit yang didapatkan dari hasil budidaya sehingga tidak merusak ekosistem.

Tanaman mangrove sendiri sebenarnya mampu menghasilkan bibit sendiri dari pohon induknya. Akan tetapi, proses ini akan membutuhkan waktu yang lama jika menunggu bibit dari pohon induk yang muncul secara alami. Karena itu upaya pembibitan dengan bibit yang sudah ditanam sebelumnya akan mempercepat proses pertumbuhan tanaman mangrove.

2. Penanaman Kembali Hutan Mangrove

Cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan hutan mangrove selanjutnya adalah tahap lanjutan dari upaya pembibitan. Setelah bibit yang ditanam sudah cukup umur, cara selanjutnya adalah bisa langsung dilakukan penanaman bibit tersebut di kawasan hutan mangrove.

Peran manusia sangat penting karena tanpa bantuan manusia proses penanaman kembali sebagai upaya pelestarian ini tidak akan bisa berhasil.

3. Memperbaiki Lingkungan Sekitar Hutan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN