Mohon tunggu...
Erni Lubis
Erni Lubis Mohon Tunggu... Menikmati kehidupan

bersuara dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Orangtua Harus Belajar Sepanjang Hayat

13 November 2019   23:23 Diperbarui: 15 November 2019   05:01 0 24 9 Mohon Tunggu...
Orangtua Harus Belajar Sepanjang Hayat
ilustrasi: @kulturtava

Anakmu Bukan Milikmu

Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra putri sang Hidup, yang rindu akan dirinya sendiri.

Mereka lahir lewat engkau, tetapi bukan dari engkau, mereka ada padamu, tetapi bukanlah milikmu. --Kahlil Gibran

Puisi Kahlil Gibran (1883-1931) yang dikutip dimuka, merupakan sebuah puisi yang tepat untuk menggambarkan pemahaman mengenai hakikat anak untuk orang tuanya.

Kerap kali terjadi, problematika antara anak dengan orang tua, yang didasarkan pada pengakuan kebenaran dari masing-masing pihak tanpa ada yang mau mengalah. 

Orang tua selaku orang yang dianggap lebih berpengalaman daripada sang anak, terkadang menganggap anaknya tidak tau apa-apa, terlalu khawatir, terlalu mengekang, dan kurang bisa mengikuti kemajuan zaman.

Mereka sering kali mendidik anak menggunakan aturan-aturan tradisional atau klasik yang terkadang tidak sesuai dengan perkembangan anak.

Kisah viral dengan tokoh Arie Kriting (pelawak) dan Indah Permatasari (artis) menjadi bahan pembicaraan publik. Lantaran Ibu Indah Permatasari tidak setuju hubungan anaknya dengan Arie Kriting. 

Sang ibu mengklaim, semenjak anaknya berpacaran dengan Arie Kriting, anaknya berubah menjadi negatif. Sering pulang malam dan pergi dari rumah.

Bagi saya pribadi klaim ibu Indah Permatasari ini hanya berdasarkan egonya yang memang tidak menyukai Arie Kriting.

Selaku netizen yang menyukai lawakan Arie Kriting dan berkesempatan melihat langsung Arie Kriting dalam acara seminar, saya meyakini bahwa Arie Kriting adalah orang yang baik dan memiliki pengalaman hidup luar biasa, serta logika bagus.

Ia bisa menjadi pendidik untuk orang lain, dan bisa menjadi pembelajar untuk dirinya sendiri. Menurut saya, kekhawatiran Ibu Indah sebenarnya tidak perlu. Indah sudah dewasa, bahkan ia sudah bisa memilih pendamping yang kiranya tepat untuk dia, membuat dia nyaman tanpa memandang derajat sosial ataupun fisik seseorang.

Seharusnya ibu Indah ini bisa mempelajari pertumbuhan anaknya yang sudah dewasa dan mampu menentukan jalan hidupnya sendiri ini.

Surat Arie Kriting yang di unggah di laman media sosial menggambarkan betapa tulusnya Arie mencintai Indah, pujaan hatinya. (Berikut surat yang viral itu: Sumber)

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x