Mohon tunggu...
Dwi Puspa Sari
Dwi Puspa Sari Mohon Tunggu... Administrasi - Isi waktumu dengan hal positif selagi ada umur dan kesempatan 😇😉

Hobi saya belajar bahasa Korea, penyuka drama Korea, menulis artikel, mendengarkan musik, senang belajar hal baru. https://jurnalhariku.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Worklife

How To Make Notulency By Me?!

13 Agustus 2022   09:20 Diperbarui: 13 Agustus 2022   09:33 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hai Kompasianer, apa kabar? semoga sehat semua! cuaca lagi kurang bersahabat ya?! panas lalu tiba - tiba hujan. Di tengah kesibukan, kali ini saya menulis artikel seputar dunia kerja. Tentu bagi para karyawan yang work nya lebih sering di indoor pasti membutuhkan skill manajerial dalam pengelolaan surat atau administrasi. Kebetulan pekerjaan saya berkaitan dengan administrasi serta membuat notulensi. Awalnya ketika saya membuat notulensi, membuat saya bingung, kata atau kalimat pertama dalam notulensi. Nah, jika sudah menemukan kalimat pertama, selanjutnya seakan - akan mengalir saja susunan kalimat atau isi dari notulensi tersebut. Disini saya akan menulis langkah membuat notulensi rapat dan tips nya. 

Notulensi rapat adalah sebagai dokumen tertulis dari pembahasan rapat yang dirangkum beserta kesimpulannya. 

Langkah dan tips:

1. Judul, waktu, lokasi rapat.

    Tentukan judul, waktu dan lokasi dimana rapat berlangsung. Poin ini wajib ada.

2. Daftar Hadir dan Foto

     Ini sebagai bukti diadakan rapat. Daftar hafir dibuat disesuaikan dengan jumlah peserta yang hadir dalam forum rapat  dan ditandatangani. Foto juga perlu sebagai bukti konkret, satu atau 2 foto sudah cukup.

3. Rekaman

      Nah, disini biasanya saya menggunakan voice recorder bisa melalui HP atau alat lain. Atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur yang ada di google document. Nah, cara menggunakan fitur google document sudah banyak yang mengupload tutorial nya di youtube, kalian bisa mencoba mempraktekannya. 

4. Mengetik

     Bagian ini yang utama,tips dari saya, kita tentukan terlebih dahulu ide pokok dari setiap sambutan atau pembahasan narasumber. Setiap narasumber pasti memberikan pembahasan berbeda. Dari pembahasan narasumber, ketiklah isinya lalu ambil kesimpulan. Nah disini ada cerita lucu tapi bagi saya menjadi hal penting,  waktu awal saya membuat notulen yang mana isi atau pembahasan dan kesimpulan yang saya buat, mendapat koreksian dari atasan saya langsung (dalam hati berkata dan juga berpikir, apa ada yang salah ya?🤔) lalu saya coba perbaiki. So that, kesimpulan itu didalamnya mengandung solusi atau jawaban dari pembahasan yang mana pembahasan tersebut juga mengandung problematika atau diskusi Q&A (question & answer). Kemudian setelah saya perbaiki, notulen saya baru deh di acc atasan 😁. 

Well, sharing saya dalam membuat notulen, semoga bermanfaat bagi Kompasianer ya!😉

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan