Mohon tunggu...
Sarianto Togatorop
Sarianto Togatorop Mohon Tunggu... Pengajar yang menyukai kebebasan

Seseorang yang tak tahu kalau dia ada

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

4 Strategi yang Sebaiknya Dilakukan Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar

10 Juli 2020   06:29 Diperbarui: 11 Juli 2020   16:31 946 38 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Strategi yang Sebaiknya Dilakukan Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar
Ilustrasi orangtua mengajarkan anak menggambar (Sumber: www.istockphoto.com via lifestyle.kompas.com)

Senin depan, 13 Juli 2020, sekolah di Indonesia akan memulai tahun ajaran baru sesuai dengan keputusan menteri pendidikan yang menyatakan bahwa tahun ajaran tetap dimulai pada bulan Juli 2020 ini. Meski akan dilaksanakan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi Covid yang belum terkendali.

Melalui keputusan bersama empat kementerian: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementrian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan, pemerintah memutuskan hanya mengizinkan sekolah di Zona Hijau untuk melakukan kegiatan belajar tatap muka dengan tiga syarat lain yang harus dipenuhi yaitu mendapat izin pemerintah daerah, sekolah mampu memenuhi semua daftar periksa protokol pencegahan Covid serta penanganannya, serta syarat terakhir mendapat persetujuan orangtua.

Mengingat sebagian besar wilayah di Indonesia masih dalam zona selain hijau, maka kegiatan belajar dari rumah masih akan menjadi pilihan dalam memulai kegiatan sekolah di tahun ajaran yang baru ini.

Ini berarti tugas orangtua, yang selama ini telah diemban, untuk mengawasi putra putri mereka agar tetap mengikuti kegiatan belajar dari rumah, masih akan berlanjut dan mungkin akan menjadi kebiasaan yang berlangsung seterusnya di era kenormalan baru.

Tugas mendidik bukanlah pekerjaan mudah. Terbukti banyak orangtua yang kewalahan mendampingi anak-anak selama belajar dari rumah. 

Di luar itu pun, mendampingi anak belajar adalah tugas sehari-hari yang harus dilaksanakan orangtua meskipun belajar dari rumah tidak lagi dijalankan.

Mendampingi anak belajar memiliki kesulitan tersendiri, bahkan bagi orangtua yang menghabiskan waktunya seharian bersama anak di rumah. 

Perlu startegi yang tepat agar anak dapat belajar dengan baik dalam bimbingan orangtua. Beberapa hal berikut mungkin akan membantu orangtua mendampingi anak belajar di rumah

Lakukan Pemanasan
Menumbuhkan kemauan belajar anak tidaklah mudah, terlebih bagi anak yang masih dalam usia dini. Mereka belum punya motivasi yang kuat untuk belajar. Perlu stimulus dari orangtua untuk menumbuhkan keinginan belajar mereka.




 

Orangtua mendampingi anak belajar di rumah (sumber: www.vvsd.org)
Orangtua mendampingi anak belajar di rumah (sumber: www.vvsd.org)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x