Mohon tunggu...
Sarah Silvia
Sarah Silvia Mohon Tunggu... A writer, marketer, and a friend.

Have so many thoughts on mind and love to read stuffs, therefore I also love to write and hope I could inspire people through writings. Movie, food, marketing and travel enthusiast. Catch me on Instagram @sarahsilvias, Twitter @sarahsilvia, or listen to Podcast Pasaran on Spotify and others.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kita Vs Corona: yang Harus Diperhatikan untuk Terhindar dari Covid-19

17 Maret 2020   10:43 Diperbarui: 17 Maret 2020   11:40 49 1 0 Mohon Tunggu...

Akhir-akhir ini, warga se-dunia sedang dilanda kecemasan karena virus Corona sedang mewabah. Virus Corona, atau Covid-19 ini telah menyebar di berbagai negara. Di negara-negara lain, seperti China, Jepang, Korea, dan Iran; virus corona telah menelan ratusan korban jiwa dan ribuan orang tercatat telah terinfeksi. Meskipun begitu, sebanyak ribuan warga di dunia juga telah berhasil dinyatakan sembuh.

Bagaimana dengan Indonesia? Beberapa waktu lalu, 2 warga Depok dinyatakan positif terkena virus Corona dan langsung mendapatkan penanganan medis. Tercatat pada 5 Maret 2020, dua pasien ini dinyatakan sembuh, mengikuti jejak 53,688 pasien lainnya di dunia yang dinyatakan sembuh dari Corona .Namun, per 16 Maret 2020, tercatat sebanyak 134 warga di Indonesia terinfeksi, 8 orang sembuh, dan 5 meninggal dunia. Dalam sebuah pemberitaan, disebutkan juga bahwa pasien Corona yang sembuh dapat mengalami penurunan fungsi paru-paru hingga 30%.

Baik, yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk tidak panik dan fokus pada langkah pencegahan. Jadi apa aja nih, yang harus kita lakukan untuk terhindar dari virus Corona?

1. Antiseptik

Mencuci tangan secara berkala dan menyemprotkan antiseptik ke tangan adalah salah satu cara paling sederhana sekaligus paling ampuh untuk membunuh berbagai virus, termasuk Corona. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tempel dan gosokan tangan selama 20 detik. Lamanya mencuci tangan ini penting untuk dapat membunuh semua kuman di tangan. 

Kamu dapat menghitung durasi mencuci tangan yang efektif dengan bernyanyi *dalam hati ya* lagu Happy Birthday selama dua kali, atau ssama dengan reff lagu "Love on Top" nya Beyonce! Jangan lupa juga untuk tempelin antiseptik ke mana pun kamu pergi. Gunakan produk antiseptik atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60% untuk lebih efektif membunuh kuman dan virus.

2. Masker

Kalau kamu pengguna ojol atau kendaraan umum, kamu mungkin sering menggunakan yang satu ini. Yap, masker. Sebenarnya, yang lebih efektif untuk mencegah masuknya virus bukanlah masker yang seperti ini, melainkan masker N95. Meskipun begitu, masker bedah (atau yang sering kamu pakai pas naik ojol itu), lebih mudah ditemukan dan harganya lebih terjangkau, sehingga menjadi opsi yang lebih banyak digunakan. Apa bedanya dengan masker N95? 

Masker N95 adalah masker yang dibuat khusus untuk menyaring partikel dan virus berbahaya di udara. Perlu diingat, ketika melepaskan masker (masker bedah ataupun N95), usahakan untuk tidak memegang bagian depan masker ya, karena bagian tersebut penuh kuman yang menempel. Satu lagi yang perlu diingat, masker memang perlu digunakan untuk mencegah virus, namun jangan ditimbun sendiri ya! 

Berikan pada yang sakit dan lebih membutuhkan. Pasang di wajah dengan posisi yang tepat, di mana sisi berwarna pada masker bedah harus menghadap ke luar dan sisi dalam yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Jangan lupa untuk buang setelah digunakan dan cuci tangan setelah melepasnya.

3. Vitamin C dan Suplemen Penambah Imun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x