Mohon tunggu...
Sarah Silvia
Sarah Silvia Mohon Tunggu... A writer, marketer, and a friend.

Have so many thoughts on mind and love to read stuffs, therefore I also love to write and hope I could inspire people through writings. Movie, food, marketing and travel enthusiast. Catch me on Instagram @sarahsilvias, Twitter @sarahsilvia, or listen to Podcast Pasaran on Spotify and others.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Ingin Website Tampil di Halaman Pertama? Pelajari Basic SEO Berikut Ini!

7 Februari 2020   10:00 Diperbarui: 7 Februari 2020   10:11 78 1 0 Mohon Tunggu...

Hari ini aku mau sedikit sharing tips tentang SEO atau Search Engine Optimization. Mungkin kamu punya website online shopping dan mau banyak orang yang tau tentang website itu atau job desc di kantornya harus ningkatin ranking website perusahaannya, nah disini aku mau sharing sedikit mengenai apa sih yang harus diketahui untuk bisa ningkatin rank website melalui SEO?

Sebelumnya credit goes to Viki Suhendro, SEO & SEM specialist yang merupakan mentor SEO class ku di Purwadhika pada bulan Maret lalu. So let's start with the insights. Pertama mau bahas dulu, SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization, artinya kita mengoptimasikan mesin pencarian untuk bisa bikin website kita masuk top pages (ibarat kata, pejwan gan!). 

Sebenernya SEO ini bukan hanya Google, karena search engine itu ada banyak banget seperti Yahoo, Bing bahkan Baidu di Cina, tapi search engine user Google itu 97,82% dan sisanya yang lainnya ini, jadinya SEO sekarang fokus banget di Google.

Apa bedanya SEO dan SEM? SEM itu Search Engine Marketing, bentuknya paid, dimana kita bayar ke Google buat munculin web kita di paling atas, tapi ada keterangan [Ad] nya. Jadi sifatnya itu pay per click, budget kita keluar setiap ada yang klik ad kita ini. Gampang naik ke page one nya, tapi ya cepet muncul cepet ilang gitu tergantung budget kita aja.

SEO ini sifatnya organik, cuma karena gratis ya effortnya sangat maksimal, rentang waktu web kita bisa dapet rank yang bagus (antara page 1-5) itu estimasi nya sekitar 3-6 bulan. Tapi kalo udah dapet rank bagus, biasanya long lasting. Salah satu elemen pentingnya adalah algoritma. 

Algoritma ini akan ngebaca behavior konten kita, konsisten atau nggak, tentang apa sih sebenernya, keyword nya apa lalu nantinya algoritma ini akan mulai munculin konten kita dengan menyesuaikan keyword pencariannya gitu. Misalnya kita nulis blog tentang travel, tapi spesifik tentang backpacker, nah kalo konsisten 6 bulan kayak gitu, traffic nya bagus, one day ada yang nyari "tips jadi backpacker pemula" nah website kamu bisa dimunculin sama Google untuk di page awal-awal.

Fun fact: SEO yang bagus itu kalo website kamu ada di antara page 1-5. Biasanya, setelah page 5, orang akan berhenti searching. Malah kalo mereka udah nemu yg mereka cari di awal-awal page tapi web kita gaada disana, ya jadi kehilangan visitor deh

Balik lagi ke basic SEO, jadi SEO ini ada dua macam, on page dan off page. Nge-build nya beda, satu internal di dalam html website nya, satunya lagi eksternal dari backlinks. In short, yang dibutuhin untuk build SEO on page adalah content di website, technical excellence (build html nya, meta tags nya dll), dan UX atau user experience nya. 

Hal yang penting untuk diperhatikan juga adalah make sure website nya nggak lama loading nya. Kalau SEO off page, berkaitan dengan social media, link building dan mentions. Jadi sifatnya itu eksternal. Misalnya, kamu bikin postingan di sosmed terus kasih link buat redirect ke web kamu, atau kerjasama dengan bloggers bikin blog competition dan kasih backlink ke web itu. Semakin banyak external links yang refer atau mention web ini, google bakal ngebaca algoritma nya dan bakal naikin rank website ini. Tapi harus sabar, sekali lagi prosesnya bisa sekitar 3-6 bulan.

In short, apa bedanya SEO on page dan off page? Berikut rangkuman perbedaan keduanya.

On page SEO butuh memperhatikan elemen-elemen ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN