Mohon tunggu...
Siti Sarah
Siti Sarah Mohon Tunggu... Mahasiswa

sarahsalkia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pembagian Masker sebagai Salah Satu Kegiatan Mahasiswa UPI di Desa Sukaraja

30 Juni 2020   19:21 Diperbarui: 30 Juni 2020   19:25 2 0 1 Mohon Tunggu...

Virus Corona telah membuat geger seluruh dunia termasuk Indonesia. Virus tersebut merupakan salah satu virus yang sangat berbahaya, bahkan WHO juga sampai menetapkan virus tersebut sebagai pandemic.

Virus Corona ini sudah banyak memakan korban jiwa di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sudah lebih dari 10.000 orang yang meninggal akibat Virus Covid-19 ini di Indonesia.

Karena itu, Pemerintah memberlakukan beberapa hal yang harus dipatuhi sebagai protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19 ini diantaranya adalah selalu mencuci tangan, tidak diperkenankan untuk keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, dan diharuskannya memakai masker apabila akan keluar rumah.

Akan tetapi walaupun Pemerintah sudah mengeluarkan perintah untuk mematuhi protokol kesehatan, masih banyak warga yang tidak mematuhinya terutama dalam pemakaian masker dengan berbagai alasan di antaranya tidak adanya biaya untuk membeli masker.

Oleh karena itu saya Siti Sarah Salkia mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) memilih salah satu rogram dalam kegiatan KKN yaitu, membuat alat pelindung diri berupa masker, karena masker merupakan salah satu protokol yang di wajibkan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Perencanaan pembuatan masker yang akan saya buat sebanyak 100 pcs masker di mana kegiatannya di laksanakan selama 5 hari, di mulai ada tanggal 1 juni 2020 sampai dengan 5 juni 2020.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, dalam satu hari saya bisa memproduksi sebanyak 20 pcs masker, sehingga dalam waktu 5 hari saya dapat memproduksi sebanyak 100 pcs masker.

Hasil dari pembuatan masker yang telah saya buat, kemudian saya serahkan kepada bapak RT 03 pada tanggal 13 juni 2020, untuk selanjutnya di bagikan keada masyarakat yang membutuhkan di RT 03 oleh bapak Yayan Sofyan selaku ketua RT 03 di desa sukaraja, karena beliau yang lebih mengetahui siapa yang lebih membutuhkan di RT 03 tersebut.

Masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan pembagian masker ini. Karena menurut beberapa masyarakat, kegiatan ini sangat membantu mereka dalam hal melaksanakan protokol kesehatan dari Pemerintah, dan menurut mereka juga dengan adanya masker ini mereka bisa keluar rumah jika ada hal-hal yang mendesak, karena sebagian besar masyarakat di RT 03 ini berprofesi sebagai pedagang, sehingga membuat mereka harus keluar rumah setiap hari untuk mencari nafkah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x